Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua orang yang membuka usaha tentu ingin sukses dalam bidang bisnisnya, apapun jenis usaha yang sedang digelutinya. Namun, dari sekian banyak orang yang mempunyai impian tersebut, hanya sedikit saja yang berhasil mewujudkannya. Apa saja kiat menjadi pengusaha sukses? Berikut ini adalah 10 Jurus Jitu Menjadi Pengusaha Sukses yang sangat penting untuk di pahami bagi Anda yang tentunya ingin sukses dalam bisnis :

Pengusaha Sukses1. Mulailah Bisnis dengan Impian dan Imajinasi yang Kuat

Sebelum ada astronot yang bisa mendarat di bulan, tak pernah ada yang berpikir bahwa bulan bisa di datangi manusia. Imajinasi mendarat di bulan awalnya adalah sebuah impian yang tak mungkin pernah terwujud. Namun impian itu ternyata berubah menjadi kenyataan ketika seseorang astonot melakukan pendaratan manusia pertama kali ke bulan.

Perlu diketahui kita bersama bahwa segala suatu keberhasilan itu kebanyakan bermula dari impian dan keyakinan seseorang dan didorong dengan kerja keras untuk mewujudkannya sampai terealisasi. Jadi, jika Anda tengah mempunyai impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan mempunyai niat untuk melaksanakannya, maka segeralah lakukan tindakan sesuai dengan rencana dari mimpi Anda. Lakukanlah kerja keras dan kerja dengan cerdas untuk segera mengubah impian Anda itu menjadi kenyataan. Ketahuilah, ternyata hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dan bisa berinovasi dalam produk atau jasa di bidang bisnisnya. Tanpa bermimpi, bisnis terasa hambar dan monoton. Seorang pemimpi yang realistis tidak mengenal kata tidak mampu atau tidak bisa.

2. Kobarkan Semangat, Antusiasme dan Kegigihan dalam Bisnis

Semangat yang antusias dan kegigihan dalam menjalankan bisnis adalah sebuah modal penting dalam memulai sebuah perjalanan bisnis yang penuh rintangan demi mencapai keberhasilan. Bila Anda mudah lelah, mudah bosan dan tidak bersemangat serta sering bermalasan-malasan, yakinlah Anda cukup menunggu waktu untuk bangkrut. Terus cari motivasi untuk diri sendiri salah satunya dengan cara mempelajari perjalanan pengusaha senior yang telah sukses.

3. Menguasai Pengetahuan Dasar dalam Bisnis

Tanpa mengetahui pengetahuan dasar dalam bisnis akan membuat bisnis Anda seperti telur diujung tanduk yang sewaktu-waktu dapat hancur tanpa bisa terprediksi dengan pasti penyebab kegagalannya. Pada dasarnya, dalam bidang apapun tidak akan ada kesuksesan tanpa adanya sebuah pengetahuan di dalamnya, termasuk untuk menjadi pengusaha sukses. Tindakan yang terbaik adalah terus belajar sambil bekerja. Lebih aman Anda bekerja dengan orang lain dahulu sebelum Anda memutuskan membuka usaha. Hal ini sangat membantu Anda menyerap berbagai ilmu dan pengalaman dari atasan Anda dan Anda siap untuk menjadi pengusaha sukses.

4. Pengusaha Sejati Berani Mengambil Risiko

Jangan takut mengadapi risiko karena setiap sesuatu yang Anda usahakan pasti selalu ada risikonya, apapun itu. Hukum alam mengatakan, semakin besar keuntungan yang ingin Anda capai maka kemungkinan risiko yang akan dialami untuk gagal juga semakin besar. Seseorang yang tidak takut mengambil risiko sesungguhnya adalah pengusaha sejati. Sekali lagi, jangan pernah takut gagal, tapi jadikanlah kegagalan itu sebagai pengalaman yang mahal untuk menuju kesuksesan.

5. Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas

Untuk sukses tidak ada jalan lain selain dengan bekerja keras. Namun sebuah usaha akan mengalami kesuksesan jika pemiliknya tidak hanya bekerja keras tetapi juga bekerja dengan cerdas. Tidak ada usaha bisnis yang meraih kesuksesan gemilang jika pemiliknya hanya dengan duduk dibelakang meja dengan melakukan pekerjaan standar seperti yang dilakukan karyawan gajian. Ciri pengusaha sukses yaitu merintis usaha dengan maksimal dan selalu berinovasi tanpa mengenal putus asa dan banyak mengorbankan waktu serta tenaga.

6. Belajar Dari Pengalaman Pengusaha Senior

Pengalaman adalah guru yang terbaik, itulah pepatahnya. Kiat menjadi pengusaha sukses harus mau belajar dari pengalaman diri sendiri dan dari cerita pengusaha sukses. Kisah pengusaha sukses tersebut, baik kegagalan dan keberhasilannya harus dijadikan suatu pelajaran yang berharga sebagai pedoman Anda dalam menjalankan usaha agar tidak melakukan kesalahan yang sama dan meniru tindakannya yang membawa keberhasilan.

7. Terbuka terhadap Kritikan dan Nasehat yang Membangun

Salah besar jika Anda menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepada Anda itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usaha. Pada kenyataannya, kritikan dan nasehat dari orang lain itu adalah sebagai masukan yang berguna dan dapat menggiring Anda menjadi pengusaha yang sukses. Bisa menerima kritikan berarti Anda menyadari bahwa Anda selalu mempunyai kekurangan. Terkadang Anda tidak tahu atau tidak sadar dengan kekurangan yang Anda miliki. Dengan adanya kritikan dan nasehat Anda dapat mengetahui kekurangan Anda dan dapat segera memperbaikinya. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik Anda.

8. Mencari Relasi yang Handal

Sepandai apapun seorang pengusaha jika dia bekerja sendirian maka akan sangat sulit sekali berkembang. Tidak ada seorangpun pengusaha yang bisa bekerja sendirian. Bisnis sangat membutuhkan kerjasama dengan teman, mitra usaha, klien dan supplier. Hal ini sangat penting bagi perkembangan masa depan bisnis. Mereka yang akan memberi masukan, bantuan, kritik dan saran. Seorang pengusaha harus bisa mengadakan kerjasama dengan pihak lain dan menjalin relasi bisnis dengan sebanyak-banyaknya orang lain.

9. Tidak Takut dengan Kegagalan

Pengusaha yang sukses pada awalnya punya lika-liku perjalanan panjang dan pahit menuju kesuksesannya. Jangan anggap mereka mendapatkan kesuksesan semata-mata karena takdir yang telah menentukan. Pengusaha yang sukses ‘pasti’ pernah mengalami kegagalan. Hanya saja sewaktu mereka gagal mereka tidak putus asa terus berjuang agar sukses. Jadi jangan pernah takut menghadapi kegagalan. Buatlah kegagalan demi kegagalan sebagai batu loncatan untuk menuju kesuksesan Anda.

10. Tidak Menunda Pekerjaan

Pengusaha sukses tidak pernah menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang ada dihadapannya. Mereka sangat tidak suka menunda pekerjaan penting. Mereka selalu menyibukkan diri dengan perbuatan dan tindakan yang bermanfaat dan selalu berusaha menghindari kegiatan yang tidak berguna. Kebiasaan menunda pekerjaan akan membuat Anda bisa menyesal di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ