Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Meraih kesuksesan dalam usaha bisnis harus diimbangi dengan sikap dan tindakan yang tepat. Tanpa itu semua, kesuksesan dalam bisnis tidak akan pernah datang. Berikut ini adalah 10 tips untuk memulai usaha bisnis kecil. Uraian di bawah ini berguna untuk Anda yang sedang bernafsu mengejar impian terdahsyat Anda dalam membangun peluang usaha bisnis.

1. Bersikap Lebih Realistis.

Saat membuat rencana bisnis Anda lihat ke sekeliling dan temukan contoh bisnis yang sukses dari bidang bisnis yang Anda inginkan, kemudian cermatilah. Jika Anda tidak juga menemukannya kemungkinan Anda yang luar biasa jenius telah menemukan ide bisnis ‘gila’ atau ide bisnis Anda kemungkinan tidak akan berhasil.

Peluang Usaha Bisnis2. Hindari Berinvestasi dengan Uang Sendiri.

Kebanyakan dari perjalanan bisnis adalah berisiko jadi carilah rekanan usaha. Ini berguna jika bisnis Anda tidak berjalan sesuai rencana, Anda tidak akan bangkrut karena bukan dana Anda dan Anda tidak juga dikejar utang karena rekanan usaha Anda juga harus menanggung kerugian.

3. Perbudak diri sendiri.

Bila Anda tidak siap bekerja lebih keras, lebih banyak berkorban dan menyampingkan keuntungan untuk konsumsi pribadi, maka menjadi wirausaha sukses bukan untuk Anda. Perjalanan awal bisnis sangat berat. Pada awalnya, Anda tidak mampu membayar karyawan walaupun karyawan yang bergaji murah. Akhirnya karyawan Anda adalah Anda sendiri.

4. Belajar menghargai waktu.

Beri harga pada waktu Anda. Misalnya Anda memberi harga waktu 1 jam Anda seharga Rp 25.000. Jika Anda bekerja 7 jam sehari maka Anda pantas dibayar Rp 175.000 dalam 1 hari bekerja. Ini dapat memotivasi Anda untuk lebih menghargai waktu.

5. Cermat memilih karyawan.

Seiring dengan perkembangan bisnis Anda, lambat laun Anda pasti akan membutuhkan karyawan untuk memperingan pekerjaan Anda. Maka dari itu mencari karyawan adalah hal yang mutlak. Lakukan proses rekruitmen dengan hati-hati, teliti, cermat, tidak terburu-buru dan jangan hanya mengandalkan calon karyawan yang bersedia di gaji murah.

6. Tawarkan keunggulannya, bukan saingan harga.

Memasarkan produk adalah tantangan terberat dari memulai usaha bisnis sendiri. Jangan pernah terjebak pada permainan harga murah mengikuti para pesaing. Sebagai bisnis pemula, Anda dapat dipastikan hancur jika ikut-ikutan banting harga.  Anda harus menonjolkan keunggulan dan keunikan produk Anda daripada ikut bersaing harga.

7. Kuasai hitungan dasar bisnis.

Anda harus memahami berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk menjalani usaha bisnis ini, dari mulai sewa tempat, bayar listrik, gaji karyawan, pajak, sampai harga kertas bon. Hitung dan cermatilah sampai Anda mengusai benar. Keuntungan dan kerugian Anda bisa bersumber dari pengelolaan Anda terhadap hitungan biaya-biaya ini.

8. Gunakan teknologi terkini.

Teknologi terbaru akan sangat membantu kinerja Anda dalam menjalankan bisnis. Banyak hal yang bisa diselesaikan atau dibantu oleh penggunaan teknologi, seperti perangkat komputer, smartphone, internet, blackberry, CCTV, dan masih banyak lagi. Menggunakan teknologi tidak harus mengeluarkan uang banyak. Jika Anda bisa mengatur strategi keuangan bisnis maka Anda bisa memanfaatkan teknologi dengan biaya yang tidak mahal.

9. Perlakukan supplier dan konsumen dengan baik.

Perlakuan baik Anda kepada mereka akan berdampak baik pada kelangsungan usaha bisnis Anda ke depan. Supplier bisa saja memberikan extra discount khusus untuk Anda, dan konsumen akan menjadi pelanggan setia bisnis Anda.

10. Berusaha melakukan yang terbaik.

Menjalankan usaha bisnis tidak boleh setengah hati. Apapun yang Anda lakukan untuk bisnis pastikan hanya yang terbaik dari yang Anda miliki. Sebab untuk menjadi pengusaha yang sukses, kemampuan individu harus dikerahkan secara optimal.

Semoga bermanfaat!

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ