Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Jika Anda berniat untuk melakukan investasi properti seperti apartemen atau rumah maka Anda perlu mempertimbangkan 3 syarat penentu kesuksesan investasi properti seperti yang akan dijelaskan berikut ini. 3 syarat itu adalah HARGA, LOKASI serta LEGALITAS DAN RENCANA PEMERINTAH. Mari kita mulai.

HARGA

Kunci Investasi PropertiHarga yang paling bagus untuk membeli sebidang tanah sebenarnya adalah harga yang ada dibawah Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) tanah. Sedangkan harga yang cukup adil (tidak murah dan tidak mahal) adalah harga yang sama dengan harga NJOP.  Jangan sampai Anda mendapatkan harga tanah yang diatas NJOP. Karena itu Anda memerlukan pengetahuan dan informasi yang akurat mengenai NJOP terkini. Agar Anda mendapatkan harga yang terbaik, sebaiknya lakukanlah survei terlebih dahulu mengenai harga properti di kawasan sekitar untuk digunakan sebagai perbandingan harga. Semakin bagus lokasi tanahnya pasti akan semakin mahal harga per meter perseginya.

LOKASI

Lokasi adalah faktor yang sangat penting yang membuat investasi properti Anda diminati atau tidak oleh konsumen. Dalam membangun bisnis properti sebaiknya pilih lokasi yang mudah terjangkau dan terkontrol oleh Anda. Hal ini penting untuk pengawasan pekerjaan proyek. Jika Anda membeli sebidang tanah yang jauh dari pengawasan Anda maka carilah orang yang dapat Anda percaya untuk mengawasinya.

Pilihlah lokasi yang strategis. Ciri-ciri lokasi strategis harus perhatikanlah akses jalan. Jangan membeli rumah atau tanah yang memiliki akses jalan yang buruk karena akan sulit berkembang. Selain akses jalan, perhatikankah sumber air, karena air adalah kebutuhan yang utama. Pastikan juga apakah lokasi tersebut bebas banjir. Untuk memastikan bebas banjir atau tidak sebaiknya datang langsung ke lokasi pada saat musim hujan.

PERENCANAAN PEMERINTAH DAN LEGALITAS HUKUM

Dalam melakukan investasi Anda perlu memperhatikan status hukum tanah tersebut. Maka dari itu sebaiknya segera konsultasikan dengan pihak pejabat pembuat akta tanah atau notaris yang akan membantu Anda dalam hal pengecekan status hukumnya. Jika properti tersebut adalah rumah, maka pastikanlah surat-surat atau sertifikatnya lengkap. Jangan ketinggalan, pastikan pula rencana pemerintah daerah terhadap daerah tempat properti Anda berada tersebut. Informasi mengenai perencanaan pemerintah daerah bisa Anda dapatkan melalui dinas tata kota di daerah tersebut.

Disamping ketiga hal penting yang telah dijelaskan diatas, ada hal lain yang juga perlu dipertimbangkan yaitu bentuk tanah, kondisi tanah, lokasi tanah, luas tanah, permukaan tanah, jalan pembuangan air, sisi yang menghadap jalan, kondisi lingkungan sekitar, kontur tanah dan daya pandang.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ