Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Kebanyakan orang pasti berfikir jika suami istri bisa harmonis dalam berumah tangga pastinya tidak akan ada masalah jika mereka membangun usaha bisnis bersama. Ternyata tidak pada kenyataannya. Banyak masalah dan konflik yang akan timbul ketika menjalankan usaha bisnis kecil berdua dengan pasangan hidup dan pada akhirnya sangat mempengaruhi tingkat keharmonisan keluarga.

Menurut seorang ahli bidang entrepreneurship dan usaha bisnis kecil menengah, menjalankan kehidupan rumah tangga itu sama sekali berbeda dengan menjalankan usaha bisnis. Oleh sebab itu suami istri perlu menyamakan tujuan dan prinsip bisnis serta belajar untuk berkolaborasi dari awal lagi. Berikut ini ada beberapa tips agar suami dan istri bisa membangun keharmonisan, baik sebagai pasangan menikah maupun dalam membangun usaha bisnis.

Suami Istri Berbisnis

1. Saling menghormati

 Seorang istri/suami mungkin tidak memiliki pendapat yang selalu sama dengan pasangannya, tapi hormatilah pendapatnya. Sebenarnya setiap manusia mempunyai kemampuan yang unik serta kekuatan khusus yang bermanfaat bagi bisnis. Karena itu sang istri/suami perlu menyadari bahwa Anda tidak perlu memaksakan pendapat melainkan perlu untuk memberikan kepercayaan pada pasangan untuk mengambil keputusan bagi usaha bisnis bersama.

2. Singkirkan Egoisme

 Selain di rumah, pada saat bekerjapun Anda harus bisa untuk tidak mementingkan keinginan diri sendiri dan rasional melihat keputusan apa yang terbaik untuk bisnis. Jangan membesar-besarkan gengsi karena pada akhirnya hanya akan menimbulkan masalah baru, baik itu bagi usaha bisnis kalian maupun sebagai suami istri.

3. Hindari bicara bisnis di meja makan

Setelah seharian bersama-sama bekerja, jadikan waktu makan kalian sebagai sepasang suami istri. Ini dapat meredam konflik yang sedang terjadi pada usaha bisnis kalian. Alihkan pembicaraan kalian untuk membicarakan perkembangan anak, teman, atau orang tua. Berdiskusi tentang pekerjaan tentu akan membuat anak terganggu dan merasa tidak diperhatikan oleh orang tuanya. Namun ada kalanya pada saat malam hari tiba-tiba kalian mempunyai gagasan tentang kelangsungan bisnis, tidak masalah jika diskusi dilanjutkan pada saat itu juga tanpa menunggu esok hari pada jam kerja.

4. Tetap miliki waktu untuk berdua

 Rencanakan dan luangkanlah waktu untuk berdua dengan suami seperti layaknya sepasang kekasih. Jauhkan pembicaraan seputar pekerjaan, sepenting apapun itu. Buatlah jadwal rutin untuk pergi hanya berdua. Jangan sepelekan kegiatan ini karena ini sangat berguna untuk memelihara hubungan suami istri agar tetap harmonis walaupun sedang ada konflik dalam usaha bisnis kalian.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ