Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Banyak hal yang harus diperhatikan jika Anda telah mantap berinvestasi di bidang properti.  Hal penting untuk diperhatikan salah satunya adalah menentukan tipe investasi properti yang akan disewakan. Apakah sebaiknya Anda memilih rumah kontrakan, rumah kos-kosan, kios, toko, rumah toko / ruko, town house, kondominium atau rumah kantor / rukan?

Perlu Anda ketahui dengan jelas, setiap tipe investasi properti sewa di atas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Anda harus memahami bahwa setiap pilihan investasi properti untuk disewakan tidak dapat memberikan keuntungan dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, rumah kontrakan mempunyai tingkat risiko yang rendah dan tingkat pengembalian yang rendah juga. Rumah kontrakan memiliki karateristik membutuhkan pemeliharaan lebih rumit dan berkesinambungan.

Properti untuk sewaTak cukup hanya sampai disitu. Untuk rumah kontrakan Anda juga harus lebih selektif saat memilih penyewa yang akan menempati rumah. Lain halnya dengan ruko dan rukan. Ruko dan rukan cenderung lebih aman mengenai masalah manajemen operasional. Biaya pemeliharaan ruko dan rukan juga biasanya lebih rendah di banding rumah kontrakan. Bila Anda menemukan penyewa yang benar-benar sangat membutuhkan ruko atau rukan Anda maka Anda tidak akan mengeluarkan biaya pemeliharaan untuk kedua properti itu.

Keistimewaan investasi jenis ruko dan rukan adalah tingkat pengembalian investasinya yang lebih cepat di banding rumah kontrakan, dengan syarat ruko ini berada dalam lokasi yang strategis. Jika ditengok dari sisi investasinya, kondominium dan town house mempunyai risiko yang lebih besar meskipun mempunyai tingkat pengembalian investasi yang paling cepat. Bila Anda bandingkan dengan rumah kontrakan, ruko atau rukan, investasi kondominium ini mengandung risiko kenaikan harga lebih tinggi. Peningkatan harganya sedikit lebih tidak pasti dikarenakan pasarnya yang relatif terbatas.

Selanjutnya mari kita telaah untuk jenis investasi toko dan kios. Jika Anda lihat dari sisi investasi, toko dan kios berada pada resiko level tertinggi. Hal ini dipengaruhi terutama oleh pemilihan lokasi. Tingkat pengembalian investasinya tinggi, namun jika lokasinya tidak menarik dan strategis penyewa akan enggan untuk datang kepada Anda.

Semoga bermanfaat ya!

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ