Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Anda pasti tahu apa itu Marketing and Sales. Kedua istilah ini erat kaitannya dengan dunia bisnis. Marketing sendiri berarti pemasaran, dan orang yang melakukan kegiatan marketing adalah marketer. Lalu, apa arti dari sales? Sales artinya adalah kegiatan penjualan yang menggunakan teknik marketing yang praktis. Orang yang melakukan sales ini disebut dengan salesman.

Marketing and SalesLalu apa perbedaan antara marketing and sales? Bukankah keduanya sama-sama menjual produk? Secara sepintas, kedua istilah ini memang terdengar hampir sama. Namun, jika Anda sudah mempraktekkan nya secara langsung, maka Anda akan menemukan perbedaannya secara teknis. Begini gambarannya.

Salesman adalah seorang penjual produk yang penilaiannya akan diukur dari banyaknya penjualan yang dicapai. Salesman ini akan berurusan langsung dengan konsumen. Salesman akan berusaha menawarkan produk hingga terjadi penjualan. Untuk salesman, yang penting adalah produk terjual. Mereka tidak akan memperhatikan kepuasan dari konsumen dan layanan purna jual. Hambatan-hambatan penjualan yang dialami oleh salesman akan berguna untuk dijadikan saran dan masukkan dalam menyusun atau menentukan strategi marketing perusahaan.

Marketer adalah seseorang yang mempromosikan produk. Seorang marketer handal dapat mempengaruhi konsumen dengan menggunakan berbagai strategi marketing. Strategi-strategi ini didapat dari hasil riset terhadap keinginan konsumen maupun tren yang ada, produk yang ditawarkan, pesaing, kepuasan konsumen, dan sebagainya. Menjadi seorang marketer juga harus selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen. Informasi-informasi dari marketing dapat menjadi saran untuk bagian sales dalam menjual produk kepada konsumen.

Marketing dan sales merupakan ujung tombak perusahaan yang paling berharga jika bisa dikombinasikan. Bisa dikatakan marketing plus sales sama dengan tercapainya target penjualan perusahaan. Marketing and sales ini satu sama lain saling membutuhkan dalam mencapai target penjualan perusahaan meskipun dalam struktur organisasi jabatan marketer lebih tinggi dibanding dengan salesman.

Seperti apa hubungan antara sales dan marketing? Sales akan bekerja jika produk sudah siap dipasarkan, sedangkan marketing bekerja sejak perencanaan. Marketing ini akan merancang strategi apa yang akan dilakukan dalam memasarkan produk seperti segmentasi pasar, targeting, dan positioning. Nah, ketiga hal tersebut akan diwujudkan melalui marketing mix. Marketing mix ini terdiri atas Product, Place, Price, dan promotion. Jika strategi marketing sudah dirumuskan, baru divisi sales akan bekerja. Jika perencanaannya tepat, maka pelaksanaannya pun akan optimal.

Dengan adanya perencanaan ini, salesman akan bisa memfokuskan diri pada konsumen yang tepat. Selain itu, salesman juga harus memahami benar produk yang akan ditawarkan, apa kelebihannya dari produk lain dan sebagainya. Jangan sampai ia tidak tahu apa yang ia bicarakan tentang produk tersebut.

Itulah sekilas tentang letak perbedaan antara marketing and sales. Di divisi manapun Anda berada, hendaknya dapat bekerja sama dengan divisi lain di perusahaan agar apa yang menjadi tujuan perusahaan bisa tercapai. Semoga bermanfaat.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ