Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Aplikasi Akuntansi Dengan Excel 2010

 

Aplikasi Akuntansi Dengan Excel

Aplikasi Akuntansi Dengan Excel

Akuntansi merupakan sistem yang digunakan untuk mengolah data keuangan sebuah perusahaan yang tujuannya tentu adalah menyajikan informasi bagi pihak-pihak yang terkait seperti manajemen persuhaan, kreditor, pemegang saham, kantor pajak dan lain-lain. Informasi yang diperoleh akuntansi biasanya digunakan untuk mengambi keputusan-keputusan tertentu. Selain itu, informasi akuntansi bisa dijadikan untuk melakukan evaluasi sehingga perubahan yang signifikan bisa dilakukan demi kemajuan perusahaan.

Namun semua akan menjadi tidak berguna bila akuntansi tidak bisa menciptakan laporan keuangan yang berisi data akurat, menggambarkan apa yang sebenarnya. Kesalahan catat dan salah penghitungan memungkinkan informasi yang didapat dari akuntansi tidak relevan sehingga diperlukan penggunaan teknologi canggih. Aplikasi akuntansi dengan excel bisa dijadikan pilihan bila terkait dengan proses pembuatan laporan keuangan yang lebih akurat dan bermutu. Tentu banyak keuntungan yang bisa didapat terkait aplikasi akuntansi dengan excel yang salah satunya adalah waktu yang diperlukan untuk menghasilkan laporan keuangan semakin sedikit selain hasilnya akan lebih valid.

Dengan mengunakan Aplikasi Akuntansi dengan Excel 2010, banyak hal yang menjadi lebih mudah terkait dengan proses akuntansi. Menggunakan excel 2010, seseorang bisa menggunakan rumus-rumus yang sudah tersedia (by default) untuk mengorganisir pencatatan. Tentu hal ini akan mempermudah melakukan posting bila dibanding dengan sistem manual.

Rumus yang bisa digunakan salah satunya adalah sum if yang dengannya seseorang tak perlu lagi melakukan posting per transaksi karena sudah dilakukan oleh rumus yang sudah disediakan oleh excel 2010. Yang perlu dilakukan adalah mengeset rumus tertentu sebelum spreadsheet excel digunakan untuk mengolah data akuntansi. Sangat tidak memungkinkan menggunakan satu rumus saja bila terkait dengan aplikasi akuntansi dengan excel karena masing masing proses akuntansi mempunyai karakteristik tertentu. Misalnya, untuk penghitungan depresiasi atau penyusutan, rumus sum if jarang digunakan karena tidak mencakup apa yang diperlukan dalam aktifitas ini.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan aplikasi akuntansi dengan excel 2010 adalah secara teliti memasang rumus pada setiap lembar kerja. Kesalahan yang dilakukan akan membuat hasil yang diperoleh tidak akurat. Meski diperlukan beberapa sheet dalam mengolah data keuangan terkait aplikasi akuntansi dengan excel, tetap saja banyak manfaat yang bisa di peroleh dari excel 2010, oleh karenanya banyak perusahaan yang menggunakan excel 2010 sebagai program untuk memproses data.

Biasanya perusahaan yang menggunakan excel 2010 kebanyakan dari perusaan kecil sampai menengah yang belum mengunakan sistem database. Tentu alasan utama penggunaan excel 2010 adalah untuk membuat proses akuntansi lebih terautomasi, selain biaya yang dikeluarkan untuk membeli software ini relatif murah. Secanggih apapun program komputer yang digunakan untuk memproses akuntansi, yang paling penting adalah ketelitian dan pemahaman akuntansi itu sendiri agar semua data yang tersajikan dalam laporan keuangan benar-benar berkualitas.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ