Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Belajar Akuntansi Dasar Itu Mudah

 

Belajar Akuntansi Dasar

Belajar Akuntansi Dasar

Akuntansi merupakan salah satu cabang ilmu yang menerapkan logika dalam setiap transaksi keuangan yang terjadi. Sebenarnya mempelajari ilmu akuntansi itu sangatlah mudah jika Anda mau menggunakan logika Anda dalam meginterpretasikan tiap kegiatan transaksi keuangan. Oleh karena, itu terlebih dahulu Anda harus belajar akuntansi dasar agar Anda bisa mengerti bagaimana dan dimana penggunaan logika tersebut dibutuhkan.

Belajar akuntansi dasar adalah mempelajari dasar-dasar ilmu akuntansi mengenai bagaimana cara mencatat setiap transakasi keuangan, bagaimana mengklasifisikan transaksi-transaksi keuangan tersebut, dan bagaimana membuat suatu laporan keuangan sederhana mengenai transaksi-transaksi keuangan yang sudah terjadi.

Belajar akuntansi dasar mudah untuk dipelajari dan dimengerti. Dengan pemahaman yang mendalam mengenai akuntansi dasar, maka Anda akan bisa mempelajari ilmu akuntansi lanjutan dengan mudah. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai pondasi awal yang kuat dan harus benar-benar memahami mengenai akuntansi dasar ini. Beberapa cara dapat dilakukan dalam belajar akuntansi dasar, dimana yang harus Anda ingat adalah menggunakan ketelatenan, ketelitian dan logika Anda dengan maksimal. Cara yang dapat dilakukan dalam belajar akuntansi dasar dengan mudah adalah sebagai berikut:

  1. Selalu mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi. Anda dapat mencatat transaksi keuangan dengan lebih cepat dan efisien dengan menggunakan aplikasi akuntansi excel. Dan jangan lupa mengarsipkan pula data transaksi tersebut secara fisik, misalnya dengan menyimpan setiap struk belanja atau struk pembelian.
  2. Buatlah klarifikasi atau pengelompokan tertentu mengenai setiap transaksi keuangan, misalnya dikelompokkan dalam hutang piutang atau kas masuk dan keluar. Dengan adanya klarifikasi atau pengelompokan data ini, Anda akan lebih mudah ketika memasukkan data transaksi keuangan dan jika Anda melakukan pencarian mengenai data transaksi tersebut, Anda akan lebih cepat menemukannya. Hal ini juga berfungsi agar data transaksi keuangan menjadi rapi dan mudah dalam pengontrolannya.
  3. Setelah data-data transaksi keuangan Anda masukkan semuanya ke dalam file, Anda dapat membuat suatu laporan keuangan sederhana, seperti contohnya laporan laba rugi. Di akhir periode buku transaksi (yang umumnya akhir bulan atau awal bulan berikutnya), Anda dapat melihat saldo keuangan yang terjadi dan disitu dapat Anda lihat apakah nilainya positif atau negatif. Jika hasilnya positif, maka Anda mendapatkan keuntungan atau uang Anda masih ada sisa yang bisa dipergunakan untuk hal lainnya atau bisa juga dipakai untuk bulan berikutnya. Namun jika hasilnya negatif, hal itu berarti keuangan Anda sedang minus atau Anda mempunyai hutang di tempat lainnya. Dan dari hasil saldo yang diperoleh inilah, Anda bisa membuat suatu laporan laba rugi. Namun, ada baiknya jika tiap akhir periode transaksi keuangan, Anda pastikan dan cek ulang data-data yang telah Anda masukkan untuk menghindari terjadinya kesalahan ketika memasukkan data transaksi keuangan.
Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ