Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Saat Anda membuka usaha, hal penting utama yang harus Anda persiapkan adalah modal. Tanpa modal, usaha Anda tidak akan jalan. Dalam usaha terdapat tiga modal utama, yaitu modal investasi awal, modal kerja, dan yang terakhir adalah modal operasional. Menghitung modal mungkin adalah sesuatu yang sangat mudah, yang sulit adalah mencari modal untuk usaha atau investasi Anda. Banyak orang mengalami kesulitan saat mendapatkan modal untuk usaha atau investasi mereka. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan modal untuk usaha Anda. Berikut beberapa jenis modal yang bisa digunakan untuk investasi.

Modal pribadi

Modal InvestasiJika Anda beruntung dan memiliki tabungan, Anda bisa menggunakannya sebagai modal investasi awal Anda. Modal ini adalah modal terbaik karena Anda tidak perlu melakukan prosedur peminjaman di bank atau di lembaga lain. Selain dari tabungan Anda, modal yang berasal dari diri sendiri ini bisa juga diperoleh dari hasil penjualan asset atau harta yang Anda miliki. Anda bisa menjual perhiasan, sepeda motor atau bahkan mobil Anda untuk modal awal usaha Anda. Ini adalah hal yang biasa terjadi dalam memperoleh modal usaha. Jika usaha Anda berhasil, Anda bisa membeli barang yang Anda jual tadi. Jika pun Anda mengalami kerugian, Anda tidak menanggung hutang.

Modal pinjaman

Meminjam atau berhutang adalah sesuatu yang sah-sah saja dilakukan asal untuk kepentingan investasi. Banyak orang berhutang untuk kebutuhan konsumtif dan ini sangat tidak dianjurkan karena akan menjadi beban hidup Anda. Berhutang untuk mendapatkan modal adalah langkah cerdas di mana jika usaha Anda berjalan lancar maka angsuran perbulannya akan tertutup oleh hasil usaha Anda. Meminjam juga merupakan langkah tepat dan cepat daripada Anda harus menunggu dalam waktu lama untuk mengumpulkan modal. Salah satu hal penting yang harus Anda pikirkan saat meminjam modal adalah bagaimana cara untuk mengangsur atau membayarnya. Ambilah angsuran yang kira-kira Anda bisa memenuhinya dengan lancar. Buatlah perkiraan seburuk mungkin untuk menentukan berapa periode waktu yang akan Anda pilih untuk mengembalikan pinjaman Anda.

Modal Kerja Sama

Modal investasi yang berasal dari kerja sama adalah solusi yang lebih baik daripada Anda harus mengumpulkan sendiri atau meminjam di Bank. Bekerja sama modal dengan orang lain akan saling meringankan beban. Akan tetapi keuntungan yang Anda dapat harus dibagi dengan teman yang bekerjasama. Jangan lupa juga bahwa dalam pembagian keuntungan ini sebaiknya Anda dan teman Anda membuat perjanjian yang jelas sehingga di kemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tanpa perjanjian yang jelas dan mengikat sifat manusia yang serakah akan muncul dan ini justru akan merusak hubungan Anda dengan teman Anda bahkan bisnis Anda.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ