Cara Mudah dan Cepat Belajar Akuntansi

 

Belajar Akuntansi

Belajar Akuntansi

Banyak orang yang berfikir bahwa pelajaran akuntansi merupakan pelajaran yang rumit dan sulit dimengerti, seperti halnya ketika mereka sedang mempelajari pelajaran matematika. Padahal belajar akuntansi sangatlah penting dan bermanfaat, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bila Anda bekerja di sebuah perusahaan. Dengan belajar akuntansi, Anda dapat memperoleh banyak ilmu, khususnya dalam mendapatkan suatu laporan mengenai keadaan keuangan perusahaan atau pribadi.

Secara pribadi, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dalam mengatur keuangan Anda sehari-hari, sehingga Anda ke depannya Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari hasil tabungan dan pengaturan keuangan yang baik. Sedangkan manfaat yang diperoleh bagi perusahaan dengan adanya pegawai akunting adalah perusahaan bisa memperoleh data yang akurat mengenai laporan keuangan perusahaan, sehingga dari laporan tersebut bisa diambil langkah-langkah atau kebijakan yang tepat guna kepentingan kemajuan perusahaan.

Berikut ini adalah kumpulan tips dan trik serta cara mudah, cepat dan sederhana dalam belajar akuntansi bagi Anda yang menganggap akuntansi itu sulit. Silahkan disimak :

  1. Pada dasarnya ilmu akuntansi merupakan ilmu terapan, jadi langkah mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan dalam belajar akuntansi adalah menerapkannya dalam semua kegiatan transaksi keuangan, baik uang yang masuk maupun uang yang dikeluarkan. Dengan begitu, Anda akan mempunyai histori keadaan keuangan yang saat ini Anda miliki, sehingga Anda dapat memperkirakan berapa saldo yang barangkali bisa Anda peroleh di akhir peride transaksi atau di akhir bulan.
  2. Akuntansi adalah ilmu perhitungan dan penulisan yang apa adanya dan bisa di logika. Sebagai contoh, perusahaan membeli sebuah sepeda motor guna kegiatan operasional. Di sisi uang kas perusahaan akan terlihat bahwa kas akan berkurang dengan adanya pembelian tersebut, namun di sisi lainnya yaitu inventori perusahaan akan bertambah dengan adanya pembelian sepeda motor. Sehingga secara masuk akal, belajar akuntansi akan lebih mudah dipelajari. Anda cukup menggunakan logika Anda dengan lebih tajam.
  3. Bila Anda sedang belajar akuntansi melalui buku akuntansi, sejatinya Anda harus membaca buku tersebut  secara berurutan. Jadi Anda harus mempelajari akuntansi mulai dari bab awal dan berurutan hingga bab selanjutnya, karena bab-bab selanjutnya merupakan kelanjutan yang sangat berkaitan erat dengan bab sebelumnya. Dan jika Anda tidak mengerti pada bab-bab awal, sebaiknya Anda tanyakan kepada orang yang lebih paham agar Anda bisa mengikuti bab selanjutnya dengan mudah.
  4. Sebaiknya Anda tidak menghafalkan isi dari bab yang Anda pelajari, namun Anda harus mengerti dan memahami mengenai pelajaran akuntansi tersebut. Karena jika Anda menghafal pelajaran akuntansi, maka Anda akan cepat lupa dan Anda pun tidak bisa memahami dengan baik ilmu yang sedang Anda pelajari.
  5. Cara mudah dan sederhana lainnya adalah dengan belajar akuntansi bersama kelompok belajar yang di dalamnya terdapat teman-teman yang lebih mengerti mengenai ilmu akuntansi. Sehingga Anda bisa saling berbagi ilmu akuntansi dengan teman-teman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ