Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Cara Mudah Membuat Program Akuntansi dengan Excel

 

Membuat Program Akuntansi

Membuat Program Akuntansi

Berbagai jenis laporan perusahaan dapat membantu kita memonitor perkembangan usaha yang kita jalankan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi kelangsungan sebuah perusahaan. Semua jenis perusahaan memiliki poin-poin tersendiri dalam sebuah perkembangan usaha. Setiap jenis perusahaan memiliki karakter tersendiri termasuk dalam membuat sebuah laporan perusahaan, contohnya ialah laporan keuangan perusahaan.

Sesuatu yang praktis dan mudah namun sesuai dengan format dan kepentingan menjadi unik untuk memudahkan kita dalam mengatur administrasi perusahaan terutama dalam bidang keuangan. Meskipun demikian, kita tetap perlu memahami berbagai aspek dan hal mengenai laporan yang tepat untuk jenis usaha kita, contohnya untuk perusahaan dagang.

Dengan perkembangan teknologi, kita mampu memanfaatkan computer sebagai media kita dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan, contohnya dengan Microsoft excel yang dapat mempermudah kita. Namun, banyak pula dari kita yang kurang paham mengenai hal itu dan mengenai cara membuat program akuntansi berbasis excel.

Hal ini merupakan cara mudah sebenarnya yang membantu semua orang dalam penyusunan berbagai jenis laporan keuangan terutama bila kita menguasainya. Akan tetapi sering kali kita bingung bagaimana caranya kita membuat program yang tepat untuk sebuah laporan perusahaan. Pada dasarnya cara membuat program akuntansi bukan hal yang sulit jika kita mengetahui langkah – langkah tepat dan langkah – langkah yang sesuai dengan jenis laporan keuangan perusahaan yang kita butuhkan.

Langkah Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan

Langkah-langkah dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan dengan media excel akan cukup sulit dipahami kadang. Terkadang langkah-langkah yang umum digunakan terkesan sangat rumit dan tidak praktis. Namun kita dapat menempuh cara membuat program akuntansi dengan mudah untuk menyusun sebuah laporan keuangan yaitu dengan menggunakan langkah-langkah tepat yang akan lebih mudah dan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan kita dalam pembuatan laporan.

Beberapa langkah dalam cara membuat program akuntansi yang pertama dapat dilakukan ialah dengan membuat list atau mendaftar akun. Hal itu mencakup informasi saldo awal, nomor, serta nama dari akun tersebut. Untuk langkah kedua ialah dengan membuat sebuah jurnal. Yang perlu kita buat pertama adala jurnal dalam bentuk umum. Hal ini akan cukup membantu dan berisi berbagai pokok hal mengenai transaksi yang ada, sperti pembelian, penjualan, penerimaan dari kas serta pengeluarannya, serta memorial yang ada. Langkah ketiga yang dapat kita lakukan selanjutnya ialah dengan membuat laporan pada lembar kerja kedua. Pada lembar ini akan berisi table mengenai neraca serta laba–rugi.

Langkah-lagkah tersebut merupakan langkah praktis dan mudah yang dapat diaplikasikan. Dengan cara membuat program akuntansi yang mudah tersebut akan mampu mebantu kita dalam menyusun laporan dengan efektif serta efisien. Jika langkah tersebut kurang jelas, kita dapat memperoleh contoh atau gambarannya disini.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ