Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Contoh Aplikasi Buku Kas Umum Excel

 

Buku Kas Umum

Buku Kas Umum

Berbeda dengan buku kas yang mencatat semua transaksi keuangan yang dibayarkan atau diterima secara tunai, buku kas umum mencatat semua transaksi keuangan baik yang secara tunai maupun non tunai. Jadi buku ini lebih umum mengenai data transaksi keuangan yang terjadi. Di dalam buku kas umum ini juga dicatat transaksi mutasi uang yang di bank ke dalam bentuk tunai, serta dicatat pula jika terjadi perbaikan atau koreksi kesalahan yang terjadi selama transaksi keuangan terjadi, baik itu koreksi mengenai kesalahan ketika memasukkan data transaksi, maupun kesalahan teknis secara fisik.

Semua transaksi keuangan yang masuk ke dalam buku kas umum juga dicatat di dalam masing-masing buku kas pembantu, dimana di dalam buku kas pembantu masing-masing tersebut dijelaskan lebih detail lagi mengenai transaksi yang telah dilakukan. Buku kas pembantu yang sederhana adalah buku kas tunai dan buku bank, dimana di dalam buku kas tunai terdapat segala informasi yang dibutuhkan mengenai transaksi tunai yang terjadi, dan di dalam buku bank tercatat segala transaksi keuangan yang melalui bank, seperti bukti transfer atau pemindahbukuan. Namun di dalam buku kas umum juga dimasukkan kolom saldo agar bisa dengan mudah mengecek berapa saldo yang ada saat ini.

Jika dahulu buku kas umum dicatat secara manual, maka dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju, dewasa ini terdapat aplikasi buku kas umum yang berbasis Microsoft Excel, dimana di dalamnya terbagi menjadi tiga bagian yang berbeda namun saling melengkapi dan ketiga bagian dari buku kas tersebut dimasukkan ke dalam satu folder. Contoh aplikasi buku kas umum ini adalah seperti misalnya yang digunakan dalam laporan pertanggungjawaban dana BOS yang akhir-akhir ini sedang marak diperbincangkan di kalangan kepala sekolah. Aplikasi buku kas umum yang sangat bermanfaat dan memberikan kemudahan dalam pelaporan pertanggungjawaban dana BOS ini terdapat tiga bagian yang berisi:

  1. Bagian pertama digunakan sebagai alat untuk memberikan informasi mengenai orang-orang yang bertanggung jawab atas kegiatan transaksi yang dilakukan, di dalamnya juga terdapat tanda tangan si penanggung jawab dan bendahara. Disini terdapat rincian informasi mengenai alasan untuk apa, siapa yang mengeluarkan dan menerima, serta kemana dana BOS dialirkan.
  2. Bagian kedua merupakan tempat untuk mencatat segala transaksi keuangan apapun yang mempengaruhi arus kas. Disini dicatat segala transaksi, seperti pembelian peralatan kelas yang baru, pembelian perlengkapan sekolah, pendanaan untuk perjalanan dinas bagi guru yang training dan transaksi-transaksi lainnya.
  3. Bagian ketiga berisi catatan dari bagian pemeriksa keuangan mengenai data-data transaksi keuangan yang dicatat dalam buku kas umum tersebut. Di dalam bagian yang ketiga ini terdapat catatan-catatan penting dari bagian pemeriksa keuangan mengenai koreksi data transaksi yang dicatat di dalam bagian kedua buku ini.
Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ