Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Contoh Format Buku Kas Umum Bendahara Pengeluaran

 

Buku Kas Umum Bendahara Pengeluaran

Buku Kas Umum Bendahara Pengeluaran

Tentu saja, dalam setiap bisnis dan apapun yang kita lakukan, baik itu di rumah maupun di sebuah instansi tempat kita bekerja, catatan keuangan menjadi salah satu hal utama yang memang harus dikerjakan dengan sangat teliti. Tentu saja, memiliki catatan keuangan yang salah akan sangat merugikan perusahaan. Di semua instansi yang ada, bendahara menjadi tempat utama dimana catatan pemasukan dan pengeluaran suatu perusahaan.

Tentu saja, bendahara bertanggung jawab terhadap pencatatan keuangan yang terjadi di suatu perusahaan. Tentu saja dapat kita simpulkan bahwa laporan keuangan merupakan laporan yang paling penting dimana laporan tersebut harus selalu dilaporkan nantinya di setiap akhir tahun masa kerja suatu instansi atau perusahaan. Namun, banyak sekali yang belum mengerti dengan jelas bagaimana format buku kas umum bendahara, khususnya untuk buku kas umum bendahara pengeluaran. Seperti yang kita tahu, catatan apa saja, sekecil apapun uang yang digunakan perusahaan harus dicatat dalam catatan yang rapi dan teratur, sehingga akan terlihat jelas bagaimana pengeluaran suatu perusahaan dan berapa keuntungan yang diperoleh. Sudahkah anda tahu fungsi buku kas umum bendahara pengeluaran itu sendiri?

Tentu saja sesuai dengan fungsi utamanya, buku ini digunakan untuk mencatat semua transaksi baik penerimaan maupun utamanya pengeluaran. Tentu saja pemasukan dan pengeluaran yang dicatat itu adalah semua pengeluaran baik yang dilakukan secara tunai maupun giral. Tentu saja, buku kas umum dapat juga disebut sebagai dokumen yang merupakan sumber transaksi yang terjadi di suatu perusahaan.

Buku kas umum ini menggunakan kolom saldo yang memudahkan kita mengetahui posisi kas dengan mudah. Saat ini kita akan membahas buku kas umum bendahara pengeluaran yang terdiri dari tiga bagian. Tentu saja, sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagian dari buku kas umum tersebut.

Bagian yang pertama merupakan bagian yang berisi identitas satuan kerja, DIPA, dan juga pagu belanja per kegiatan, serta dilengkapi dengan kolom tanda tangan pengguna anggaran, dan yang terakhir juga yang terpenting adalah tanda tangan bendahara pengeluaran.

Bagian kedua dari buku kas umum bendahara pengeluaran ini berisi transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Di Bagian kedua, anda juga akan menemukan transaksi mutasi antar tempat kas yang tersimpan dan juga transaksi – transaksi lain yang mempengaruhi kas yang dikelola oleh bendahara. Bagian yang terakhir adalah lembar catatan yang berisi pemeriksaan kas, baik yang telah dilakukan oleh siapa yang menggunakan anggaran atau bagi siapapun yang bertanggung jawab atau memiliki kuasa untuk menggunakan anggaran. Tentu saja, sangat penting bagi anda untuk mengetahui tentang buku kas umum bendahara pengeluaran. Sehingga apapun yang akan diketahui yang berhubungan mengenai keuangan suatu perusahaan akan mudah untuk di ketahui dengan catatan yang lengkap.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ