Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Contoh Format Buku Kas Umum

 

Format Buku Kas Umum

Format Buku Kas Umum

Dalam suatu instansi, baik pemerintah maupun swasta, pengelolaan uang atau harta perusahaan merupakan suatu hal yang penting untuk dipertanggungjawabkan. Jika anda bekerja dibagian keuangan dalam suatu perusahaan, anda pasti mengetahui apa yang bisa anda lakukan untuk menyediakan laporan keuangan yang baik.

Harta dalam suatu instansi atau perusahaan bisa kita sebut sebagai kas. Kas digunakan sebagai biaya operasional perusahaan yang bisa dipergunakan untuk membeli ataupun membayar kewajiban perusahaan itu sendiri. Bentuk dari kas itu sendiri sangat beragam atau sangat variatif. Kas bisa berbentuk cek, dana tunai, giro, dan sebagainya.

Nah, salah satu laporan kas yang paling penting dalam suatu perusahaan adalah Buku kas umum. Buku kas umum biasanya digunakan untuk mencatat segala macam aktifitas yang berkenaan dengan penerimaan dan pengeluaran kas, baik secara tunai maupun giral. Selain itu, buku kas umum juga digunakan untuk mencatat mutasi perbankan atau kesalahan dalam pembukuan juga. Bagi anda yang sedang berkuliah akuntansi, mungkin anda perlu memahami lebih jauh mengenai buku kas umum ini.

Sebelum kita membahas format buku kas umum, kita harus mengetahui beberapa hal penting. Yang pertama adalah buku kas umum merupakan sumber dokumen transaksi. Jadi setiap apapun transaksi yang telah dilakukan, anda harus sesegera mungkin mencatat pertama kali di buku kas umum, kemudian mencatat di buku pembukuan masing-masing.  format buku kas umum juga menggunakan kolom saldo yang mempermudah mengetahui posisi kas.

Format buku kas umum dibagi menjadi tiga bagian. Bagian yang pertama adalah bagian yang diperuntukkan khusus penginformasian identitas satuan kerja, pagu belanja, tanda tangan pengeluaran, dan lainnya yang bersangkutan dengan transaksi. Bagian yang kedua dari format buku kas umum ini adalah berfungsi untuk mendokumentasikan peneriman, pengeluaran, serta mutasi yang dikelola oleh bendahara. Bagian yang ketiga adalah lembar pemeriksaan transaksi yang telah dilakukan. Jadi, semua aktifitas yang dilakukan di buku kas umum dilakukan oleh bendahara tata usaha. Akuntan akan menyelesaikan sisanya.

Selain itu, format buku kas umum terdiri dari berbagai table yang harus disertakan untuk melancarkan pemasukan data transaksi yang dilakukan. Seperti tabel pemasukan, pengeluaran, saldo, juga tabel identitas pengguna. Sebagai tambahan, ada beberapa buku yang digunakan buku kas umum, yaitu buku kas tunai, buku bank, buku pengawasan, buku UMK, dan buku pajak. Semua buku tersebut akan berperan dalam system pembukuan tunggal yang dilaksanakan. Jika info ini kurang begitu lengkap, anda bisa mencari modul buku kas umum di internet. Disana, anda akan mendapatkan  panduan buku kas umum secara lengkap dan mudah dimengerti. Jadi, selamat belajar untuk mendapatkan kemampuan yang sempurna sebelum magang.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

One comment

  1. aku binggung dengan format keuangan yang baru…siapa bisa bantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ