Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Format Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

 

Format Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Format Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Dalam kegiatan bisnis, semua pihak pasti menekankan pada suatu kepentingan keuangan. Seperti yang kita tahu, bisnis pasti berkutat sekitar pengelolaan uang, otomatis laporan keuangan sangat penting untuk dimiliki bagi para pemilik perusahaan. Dengan memiliki laporan keuangan, pemilik perusahaan bisa mengontrol aset dari perusahaannya sendiri serta perubahan asetnya. Semua laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan biasanya memilki bentuk yang standar sesuai dengan siklus akuntansi.

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan juga bahwa pencarian akuntan terbaik sangat diperlukan untuk membuat laporan keuangan anda sempurna dan sangat mudah untuk dimengerti. Laporan keuangan sendiri terdiri dari 4 macam komponen penting yang mengatur, yaitu neraca atau balanced, laporan rugi-laba, laporan arus kas, serta laporan perubahan ekuitas. Jika anda bekerja pada suatu perusahaan dagang, maka format laporan keuangan perusahaan dagang akan berisi komponen-komponen tersebut.

Format laporan keuangan perusahaan dagang bisa berupa single step atau multiple step. Jika anda adalah yang biasa menggunakan single step, maka laporan dibuat  secara langsung dimana semua pendapatan dan beban luar usaha ditotal kemudian dicari selisihnya. Namun jika anda ingin mengetahui mengenai format laporan keuangan perusahaan dagang multiple step, anda perlu tahu bahwa anda harus memisahkan atau mengelompokkan pendapatan usaha, pendapatan luar usaha, beban usaha dan beban luar usaha, setelah itu baru mencari selisihnya.

Membuat Laporan Keuangan secara Gratis

Format laporan multiple step ini bisa jadi suatu hal yang sangat merepotkan bagi mereka yang tidak biasa melakukannya. Selain laporan laba rugi, ada juga unsur laporan perubahan modal yang dipengaruhi oleh beberapa hal. Sebelumnya perlu anda ketahui adalah laporan perubahan modal menyajikan laporan untuk satu periode akuntansi saja. Hal yang mempengaruhi adalah: modal awal, setoran pribadi, penarikan, modal akhir, serta laba dan rugi.

Dalam format laporan keuangan perusahaan dagang, laporan neraca akan menyajikan posisi perusahaan yang akan mengulas mengenai harta, piutang, serta modal. Bentuk dari neraca ada dalam beberapa jenis. Format laporan keuangan perusahaan dagang pada laporan neraca yang pertama adalah skontro. Dalam bentuk ini aktiva dan passive berjajar dimana passive ada di sebelah kanan dan aktiva di sebelah kiri.

Format yang lain adalah dengan report form yang meletakkan passive di posisi bawah dan aktiva di posisi atas. Sebenarnya, masih banyak format lain yang bisa digunakan, asalkan tidak menyimpang dari prinsip akuntansi yang telah anda pegang. Laporan keuangan pada perusahaan dagang bisa anda buat sendiri dengan sangat baik dengan mengambil contoh dari laporan keuangan perusahaan dagang yang lain. Dengan begitu, anda tidak perlu meminta bantuan dari orang lain.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ