Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Siapa yang tak mau meraup keuntungan besar dari investasi emas? Semua orang pasti menginginkan penghasilan pasif ini. Apalagi jika sambil membayangkan banyaknya emas yang didapatkan buah hasil investasi emas. Siapapun pasti tergiur. Tapi belakangan ini beberapa media memberitakan banyaknya penipuan dengan modus berbagai bentuk investasi termasuk investasi emas syariah.

Investasi Emas SyariahPernah mendengar investasi emas syariah? Investasi ini biasanya diadakan oleh lembaga-lembaga keuangan syariah yang ada di negara kita. Jangan karena investasi ini berlabel syariah lantas Anda mempercayainya 100%. Banyaknya penipuan yang berlabel investasi syariah memang membuat kita ragu pada bisnis investasi yang satu ini. Salah satunya adalah yang dilakukan PT. Golden Traders Indonesia Syariah.

Tapi, jika Anda memang sudah berencana ingin berinvestasi syariah dalam bentuk emas, Anda jangan lantas mengurungkan niat baik itu. Ada beberapa kriteria yang bisa Anda perhatikan saat ada tawaran investasi dalam bentuk emas syariah. Berikut beberapa kriterianya.

  • Menjanjikan adanya keuntungan yang pasti. Padahal, dalam berinvestasi, tidak melulu akan mendapatkan keuntungan. Anda juga akan mengalami kerugian, tergantung bagaimana Anda melakukan investasi tersebut.
  • Bunga atau keuntungan yang dapat diperoleh sangat tinggi, biasanya akan lebih dari 5 % per bulan. Padahal, dalam berinvestasi tidak ada angka pasti dalam hal keuntungannya. Selain itu, bunga atau nilai keuntungan tidak akan akan sama tiap bulannya.
  • Biasanya akan menjual barang dengan harga yang lebih tinggi dari pasaran.
  • Selalu menjanjikan hal-hal yang manis perihal investasi.
  • Tidak adanya kejelasan apakah memang perusahaan tersebut menggunakan hokum syariah untuk pembagian hasil atau tidak.

Nah, jika Anda menemukan perusahaan investasi yang memiliki kriteria tersebut, Anda patut waspada. Lalu bagaimana dengan investasi syariah? Meskipun dalam investasi emas ini menggunakan istilah syariah, tetap saja Anda harus berhati-hati. Apakah lembaga atau perusahaan ini memang menjalankan investasi sesuai dengan syariah Islam atau tidak. Bagi kaum Muslim, investasi yang tidak sesuai dengan kaidah Islam maka bisa dibilang bersifat haram karena mengandung bunga.

Inilah peran MUI yang telah mengeluarkan label syariah pada beberapa lembaga investasi dengan embel-embel syariah. Harus diselidiki apakah memang lembaga tersebut menjalankan investasi sesuai dengan syariah Islam atau tidak. Jangan sampai para awan yang ingin tadinya ingin mendapatkan keuntungan dari investasi emas dengan syariah Islam malah menjadi korban penipuan.

Sebelum Anda memutuskan untuk investasi emas syariah, ada baiknya Anda memilih bank atau lembaga keuangan terpercaya yang memang menyediakan investasi emas syariah. Mengenai hukum syariah itu sendiri, sebaiknya Anda pelajari dahulu seperti apa hukum syariah yang dimaksud. Anda bisa melakukan googling di internet untuk mengetahui hukum syariah dalam Islam.

Setelah banyaknya kasus penipuan yang dialami banyak masyarakat Indonesia, semoga masyarakat bisa lebih berhati-hati dengan segala bentuk investasi termasuk investasi emas syariah. Selamat berinvestasi dan semoga sukses.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ