Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Hutang piutang tampak suatu hal yang kesannya tidak baik dan bisa membuat Anda hidup sengsara. Orang akan cenderung berhutang daripada memberi piutang. Kebanyakan dari mereka menggunakan hutang untuk kebutuhan konsumtif dan inilah yang membuat hutang terdengar sesuatu yang bisa membuat hidup Anda susah. Akan tetapi jika dilakukan dengan cerdas dan pertimbangan yang matang, hutang bisa membuat kemajuan dalam hidup Anda. Sebenarnya ini akan berkaitan dengan pola pikir. Jika pola pikir Anda berhutang akan membuat usaha Anda berkembang, maka ini sebaiknya Anda lakukan. Dengan berhutang masalah modal usaha Anda akan terselesaikan dengan konsekuensi Anda akan mengangsurnya yang tentu saja ditambah dengan bunganya.

Hutang piutangHutang piutang yang berkaitan dengan usaha harus Anda perhitungkan dengan matang karena ini berkaitan dengan penghasilan Anda yang akan Anda gunakan untuk mengangsur hutang Anda tersebut. Akan lebih baik jika dari usaha yang Anda lakukan menghasilkan keuntungan yang bisa Anda gunakan untuk mengangsur hutang Anda dan masih terdapat sisa yang bisa Anda tabung atau Anda gunakan lagi untuk mengembangkan lagi usaha Anda. Ini yang dinamakan hutang cerdas dan terencana. Saat ini kehidupan Anda mungkin tampak mudah dengan tersedianya banyak lembaga yang menawari Anda dengan hutang. Meskipun ditawarkan dengan bunga rendah, Anda harus tetap hati-hati dan mempertimbangkan penghasilan Anda. Jika tidak maka Anda akan terjebak dalam jerat hutang yang bisa membuat Anda sengsara.

Manfaat yang Didapatkan dari Hutang Piutang

Terlepas dari hutang piutang yang Anda lakukan untuk usaha, jika dilakukan dengan dasar kemanusiaan dan rasa tolong menolong, hutang piutang akan memberi Anda banyak manfaat baik Anda yang memberi piutang maupun Anda yang berhutang. Dari segi agama, hutang piutang untuk kebaikan dianjurkan dan ini bisa membantu sesama yang sedang dilanda kesusahan. Selain itu ikatan persaudaraan juga akan semakin erat. Jadi, yang terpenting saat Anda berhutang adalah komitmen untuk mengembalikannya tepat waktu. Jika Anda telah dipercaya diberi hutang dan Anda tidak bisa menjaga kepercayaan itu maka di masa akan datang Anda tidak akan dipercaya untuk berhutang lagi meskipun Anda pada saat itu sangat membutuhkannya untuk kepentingan tertentu.


Kredibilitas adalah Agunan yang Paling Berharga

Saat Anda memberi piutang, Anda jangan hanya fokus pada agunan yang ditawarkan oleh orang yang berhutang. Anda harus berhati-hati karena agunan tidak berarti apa-apa ketika orang yang berhutang pada Anda ternyata berbohong dan menggelapkan uang Anda. Pahami kredibilitas karakter seseorang sebelum Anda memberikan hutang. Memberikan hutang pada orang yang kita kenal lebih direkomendasikan. Asal Anda mengenal kredibilitas dan karakternya kepercayaan akan membuat mereka segan pada Anda dan mereka akan melunasi hutangnya pada waktunya.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ