Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Banyak sekali orang yang ingin mulai berwirausaha, akan tetapi mereka takut dan tidak siap menerima risiko gagal. Lalu bagaimana caranya memulai berwirausaha dan bisa mengendalikan rasa takut untuk gagal? Apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi rasa takut gagal ini?

Sesungguhnya, jika kita tidak berubah kita tidak dewasa. Jika kita tidak dewasa, kita tidak hidup pada kehidupan yang sebenarnya. Sayangnya kedewasaan itu membutuhkan kerelaan seseorang untuk melepaskan rasa amannya sementara.

Bisnis Takut GagalSetiap individu pasti ingin untuk menjadi pribadi yang semakin dewasa dan mandiri. Tetapi kebanyakan orang lupa bahwa untuk menjadi dewasa mereka harus mengambil keputusan melakukan tindakan nyata dan tidak mudah putus asa. Dan mereka sering lupa juga bahwa untuk mengambil tindakan nyata tersebut ternyata dapat mulai mereka lakukan dari hal yang paling sederhana yang ada disekitarnya.

Termasuk juga dengan keinginan untuk mulai berwirausaha. Tentu saja menjadi hal yang lumrah ketika seseorang takut gagal, karena pada dasarnya semua orang di bumi ini pasti tidak menginginkan kegagalan. Jadi, apa saja yang harus dilakukan agar Anda dapat berwirausaha tanpa takut menghadapi kegagalan? Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah pertama, putuskan bidang usaha bisnis apa yang akan Anda jalani. Dalam menentukan ide bisnis, Anda tidak boleh ikut-ikutan teman. Ikuti kata hati dan kesukaan Anda. Jika kemudian di benak Anda muncul banyak keinginan untuk membuka bermacam-macam bisnis segeralah buat skala prioritas dan pilihlah bidang usaha yang paling Anda inginkan. Untuk memulai berwirausaha, rasa takut gagal harus di kendalikan dan dikurangi. Rasa takut gagal dapat dikurangi atau bahkan dapat dihilangkan denga cara mencari tahu informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang seluk beluk bidang usaha yang akan Anda jalankan.

Langkah kedua, pelajari dan cermati pengusaha yang sukses di bidang itu. Anda bisa mendapatkan informasinya dari berbagai media seperti via internet, buku-buku biografi maupun dari cerita orang yang Anda kenal. Pelajarilah bagaimana mereka merintis bisnis, kegigihannya, dan perjuangannya sehingga berhasil mengatasi segala rintangan bisnis.

Langkah ketiga, mulailah dari hal yang paling sederhana yang Anda bisa. Sebagai contoh, Anda baru bisa menjalankan promosi gratis dari mulut ke mulut atau membuat website gratisan, dan banyak lagi. Jangan terburu-buru memakai modal besar di awal usaha karena Anda juga akan menghadapi risiko kegagalan yang besar. Banyak hal mudah dan murah yang bisa Anda lakukan tanpa modal besar sebagai pebisnis pemula asalkan kreatif.

Langkah keempat, banyak bergaul dengan orang yang berfikiran positif. Pikirkan selalu hal yang positif, bacalah referensi hal-hal yang positif. Pelajari pikiran positif orang yang telah menjadi pengusaha sukses. Dan bila bertemu dengan orang yang gagal dalam usaha, pelajarilah  mengapa dia bisa gagal dan petik pelajarannya agar Anda tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ