Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Kegunaan Akuntansi Manajemen Keuangan

 

Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen

Ilmu akuntansi memiliki beberapa cabang keilmuan yang masing-masing memberikan manfaat secara spesifik pada cabang keilmuannya. Begitu pula dalam hal pengoperasian perusahaan. Diperlukan suatu cabang ilmu akuntansi untuk membantu proses pengoperasian perusahaan. Hal ini dikarenakan semakin pesatnya persaingan antar perusahaan Perusahaan dituntut untuk melakukan efektivitas biaya atau cost effective  dalam melakukan proses produksi. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa memantau efektivitas dari pembiayaan produksi yang dilakukan. Diperlukan sebuah sistem informasi yang akan melaporkan setiap aktivitas konsumsi yang melibatkan penggunaan sumber daya alam dalam proses produksi tersebut. Sistem yang sengaja didesain untuk memberikan informasi tersebut adalam sistem akuntansi manajemen.

Berdasarkan kebutuhan akan sebuah sistem informasi tentang cost effective, maka akuntansi manajemen diperkenalkan sebagai suatu sistem jaringan yang sistematis dan bisa menampilkan informasi yang akurat tentang penggunaan sumber daya alam dalam proses produksi sehingga pihak manajemen akan bisa mengambil kesimpulan dan merumuskan tindakan berdasarkan situasi yang dilaporkan dalam sistem akuntansi manajemen. Bidikan sistem akuntansi manajemen adalah penyediaan informasi tentang penggunaan keuangan dan sumber daya yang dimiliki suatu perusahaan dalam proses produksi. Berdasarkan informasi ini, pihak manajemen perusahaan akan dapat mengambil keputusan tentang penggunaan uang perusahaan dan sumber daya alam yang tersedia agar bisa sesuai dengan tujuan perusahaan. kegiatan akuntansi manajemen meliputi pengidentifikasian, pengukuran, pengumpulan, analisis, penyiapan dan komunikasi tentang informasi keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan.  Akuntansi manajemen dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu informasi akuntansi penuh, informasi akuntansi diferensial, dan informasi akuntansi pertanggungjawaban. Ketiga tipe akuntansi manajemen meliputi aktiva, pendapatan, dan biaya yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Manfaat Akuntansi Manajemen

 

Manfaat dari adanya akuntansi manajemen adalah sebagai penyedia informasi dari situasi keuangan perusahaan serta penggunaan uang dan sumber daya di suatu perusahaan. Informasi ini sangat diperlukan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan tentang langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Akuntansi manajemen sendiri dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu informasi akuntansi penuh, informasi akuntansi diferensial, dan informasi akuntansi pertanggungjawaban. Informasi akuntansi penuh sangat bermanfaat untuk melaporkan sitasi keuangan perusahaan pada pihak luar perusahaan, menganalisis laba atau rugi yang dialami oleh perusahaan, dan mengetahui besarnya biaya yang dikeluarkan.

Selain itu, informasi yang dihasilkan dari tipe informasi akuntansi ini akan memberikan pandangan dalam penentuan program. Informasi akuntansi diferensial bermanfaat untuk membantu menentukan proses produksi yaitu apakah memproduksi sendiri atau hanya membeli dari produsen lain, menjual atau mebeli produk, melanjutkan atau tidak melanjutkan proses produksi, dan menolak atau menerima pesanan khusus. Sedangkan informasi akuntansi pertanggungjawaban memberikan manfaat dalam penyusunan anggaran yaitu sebagai patokan untuk menyusun anggaran, menjadi acuan penilaian kinerja manajer, memberikan motivasi pada manajer, menjadi dasar pengelolaan aktivitas, dan memantau keefektifan suatu program.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ