Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Investasi Emas – Logam mulia ini banyak diminati masyarakat sebagai pilihan untuk berinvestasi. Ya, selain sebagai perhiasan untuk mempercantik diri atau menunjukkan strata sosial, emas juga sering dipilih untuk berinvestasi. Investasi emas ini memiliki berbagai bentuk, seperti koin emas, emas batangan, reksadana, dan sebagainya.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari investasi logam mulia ini serta tips memilih bentuk emas untuk berinvestasi. Yang pertama, kita bahas dari kelebihannya dulu.

Investasi EmasKelebihan pertama dari investasi logam mulia ini yaitu logam emas jarang mengalami penurunan, bahkan seringnya mengalami kenaikan. Jika Anda perhatikan, coba lihat harga emas beberapa tahun lalu, jauh dibawah harga yang sekarang. Ini karena komoditi emas tidak bisa bertambah, sedangkan permintaannya semakin banyak. Ini yang kemudian menjadikan harga emas selalu naik.

Kelebihan lain yaitu harga emas yang dipatok  dalam dollar. Ini bisa mempengaruhi harga emas tersebut. Dengan kata lain, jika dollar naik, maka harga emas pun otomatis akan naik. Dan yang perlu digaris bawahi adalah dollar jarang sekali mengalami penurunan. Dengan begitu, para investor emas memiliki dua keuntungan sekaligus, yaitu dari kenaikan harga emas dan kenaikan mata uang dollar.

Setelah tadi membahas keuntungan, sekarang akan dibahas apa saja kerugian dari investasi emas. Kekurangan yang pertama adalah penyimpanan emas itu sendiri. Jika Anda menyimpan emas dalam jumlah yang sangat banyak, rumah Anda akan mengundang kriminalitas. Ini akan menjadi sasaran empuk bagi para pencuri. Belum lagi perawatannya. Meskipun emas-emas Anda dibungkus oleh protective cover, proses oksidasi tetap tidak akan terelakkan dan akan menyebabkan perubahan warna pada emas-emas Anda.

Kekurangan selanjutnya adalah jika Anda menyimpannya dalam bentuk koin, lalu koin itu terjatuh dan penyok, maka emas tersebut akan sulit untuk diperbaiki. Selain itu, harganya pun akan jatuh. Jika memang Anda memilih emas untuk berinvestasi, pastikan penyimpanan serta perawatan emas tersebut benar. Belum lagi nilai emas yang fluktuatif, bisa saja nilai emas tersebut naik atau turun sewaktu-waktu. Maka dari itu, disarankan jika Anda ingin berinvestasi dalam bentuk emas, waktu yang paling ideal adalah satu tahun kurang.

Jika Anda memilih emas perhiasan sebagai investasi, perlu Anda ingat bahwa ketika Anda membeli emas tersebut, Anda membayar juga model emas tersebut. Semakin bagus modelnya, maka semakin mahal harganya. Memang, perhiasan emas selain untuk berinvestasi, juga bisa dipakai untuk mempercantik penampilan. Namun, ketika Anda menjualnya kembali, pihak toko tidak akan membeli modelnya sebagaimana waktu kita membeli dari toko tersebut. Selain itu, pihak toko akan memotong harga emas tersebut. Potongannya berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,- per gramnya.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari investasi emas. Apapun bentuk investasi yang Anda pilih, pilihlah yang sesuai dengan kepribadian Anda. Selamat berinvestasi.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ