Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Saat ini usaha makanan bisa terbilang sedang menjamur. Banyak orang yang akhirnya menggeluti bisnis ini sebagai bisnis utama, bukan lagi sebagai bisnis makanan. Salah satu alasannya adalah karena bisnis ini tidak akan pernah mati. Setiap orang pasti membutuhkan makan sebagai kebutuhan utama. Hal lain lagi adalah kesibukan orang-orang yang larut dalam pekerjaan hingga akhirnya memilih makanan cepat saji dibanding dengan membuatnya sendiri di rumah.

Usaha MakananKedua alasan itulah yang membuat bisnis ini kian menjamur. Mulai dari makanan berat seperti nasi, bubur, lontong, burger, nasi goreng, dan lain-lain, hingga makanan ringan seperti aneka keripik, aneka kerupuk, kue-kue kering, kue-kue basah, dan lain-lain. Dengan banyaknya persaingan di dunia bisnis makanan, maka ketika Anda memutuskan untuk terjun di dunia bisnis makanan maka Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Entah itu dari segi modal, produk yang inovatif dan lain dari yang lain, lokasi yang strategis, mutu makanan, dan lain-lain.

Berikut ini ada tujuh hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda memutuskan untuk memulai usaha makanan.

Kendalikan pikiran dan Diri Anda

Di awal-awal pembukaan usaha, maka Anda akan sangat bersemangat, antusias, dan memiliki ekspektasi yang tinggi. Nah, dalam keadaan ini usahakan kendalikan diri Anda. Jangan menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi karena ketika tidak sesuai dengan harapan Anda maka Anda akan kecewa.

Lakukan Pengujian Mutu Makanan

Pengujian ini bisa Anda lakukan dengan cara membagikan makanan Anda pada teman, saudara, atau tetangga lalu mintalah komentar mereka jika makanan tersebut dipasarkan.

Tentukan Target Pasar Anda

Tentukanlah siapa target pasar Anda. Apakah anak-anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga atau yang lain? Lalu di lokasi mana Anda akan memasarkan produk makanan Anda? Pikirkan juga promosi seperti apa yang akan dilakukan?

Disiplinlah

Tetaplah disiplin pada apa yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Jangan banyak menoleh ke samping apalagi ke belakang.

Nikmati Bisnis Anda

Nikmati proses usaha Anda. Usahakan jangan selalu terpaku pada target yang ingin dicapai. Dalam berbisnis pasti ada kendala yang akan dihadapi misalnya pesaing yang banyak atau produk yang kurang inovatif. Ini akan membuat usaha Anda belum terlihat hasilnya. Jika ini terjadi, jangan putus asa. Tetaplah mencoba.

Terus Semangat

Meskipun dalam usaha ini Anda banyak menemui masalah dan hambatan, tetaplah semangat. Jaga terus semangat itu karena jika Anda tidak lagi memiliki semangat, maka Anda tidak akan maju.

Fokuslah pada Usaha Anda

Konsistenlah pada apa yang sudah Anda kerjakan. Jika belum terlihat hasilnya, jangan lantas mengganti usaha Anda. Tingkatkan terus inovasi produk Anda dan pelayanannya. Dengan begitu, usaha Anda lambat laun akan ada hasilnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan membuka usaha makanan, Selamat berusaha.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ