Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Manajemen Sumber Daya ManusiaManajemen sumber daya manusia adalah cara mengatur hubungan serta peranan SDM atau tenaga kerja secara efektif dan efisien. Hal ini bertujuan agar SDM ini dapat digunakan dengan lebih maksimal hingga tercapailah tujuan bersama. Manajemen ini di dasarkan pada konsep bahwa semua karyawan adalah manusia, bukan mesin, dan bukan sumber daya dari suatu bisnis. Kajian ini merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu yang saling terkait satu sama lain seperti sosiologi dan psikologi.

Manajemen SDM ini terkait dengan beberapa upaya yang berhubungan secara lengsung dengan SDM perusahaan. Berikut beberapa hal penting yang merupakan tanggung jawab dalam manajemen SDM ini.

  • Perencanaan

Upaya ini adalah sebuah langkah awal untuk memprediksikan kebutuhan SDM, strukturnya, komposisinya, dan hal lain yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan serta beberapa faktor lain dengan mempertimbangkan kondisi dari ketersediaannya SDM. Upaya ini sangat penting untuk dilakukan guna berjalannya sebuah perusahaan karena perusahaan membutuhkan SDM.

  • Proses Seleksi dan Rekrutmen

Proses seleksi dan rekrutmen dilakukan untuk memilih SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan kriteria yang diinginkan. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah untuk menguji kemampuan SDM, apakah mereka memiliki kualitas dan kompetensi yang baik atau tidak.

Indikasi kecakapan kerja seseorang dapat dilihat dari kemampuan yang ia miliki dengan mengkombinasikannya dengan iptek yang ada dalam dunia kerja. Jika tenaga kerja ini memiliki pengetahuan iptek yang cukup, maka ini akan menjaga citra perusahaan serta menjadi modal perusahaan untuk bersaing.

  • Pelatihan, Pengembangan serta Apresiasi

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah pemberian pelatihan, pengembangan, serta apresiasi atas kinerja karyawan. Dengan adanya pelatihan ini, maka kemampuan tenaga kerja akan bertambah dan berkembang. Dengan begitu, tenaga kerja yang dimiliki perusahaan adalah tenaga kerja yang berkualitas tinggi.

Sedangkan apresiasi adalah hasil evaluasi kerja. Pemberian punishment dan reward akan dapat memberi semangat kerja pada para tenaga kerja.

  • Adanya Promosi atau Mutasi

Promosi dan mutasi adalah salah satu bagian dari upaya manajemen sumber daya manusia dengan tujuan diperolehnya hasil kerja yang maksimal. Bagi tenaga kerja yang memiliki prestasi bagus, maka ia dapat memperoleh promosi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Sedangkan bagi mereka yang kinerjanya kurang maksimal, perusahaan dapat melakukan mutasi atau pemindahan kerja agar ia dapat bekerja dengan lebih efektif. Hal ini juga berkaitan dengan cara menghadapi pengunduran diri karyawan, atau penurunan bahkan pemecatan karyawan.

Demikianlah sedikit informasi tentang apa itu manajemen sumber daya manusia. Tenaga kerja adalah manusia, maka hargailah mereka.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ