Memahami Cara Kerja Program Akuntansi Excel

 

Program Akuntansi Excel

Program Akuntansi Excel

Ditinjau dari segi kompleksitas, program akuntansi excel memberikan cara mudah bagi siapa saja yang ingin belajar akuntansi lebih dalam. Mulai dari perhitungan dasar akuntansi, sampai kepada perhitungan global didalam memperoleh hasil akhir laporan akuntansi. Program akuntansi Excel memang mudah ditemukan dimana saja, karena hampir disetiap komputer terpasang program Excel.

Dasar dari program Excel memberikan rumus matematika yang dapat dibangun sendiri oleh si pengguna, selain perhitungan biasa, rumus-rumus kompleks seperti mencari akar perpangkatan, atau akar dari akar, program Excel sudah dilengkapi dengan variabel penghitung yang lengkap. Dengan demikian, program akuntansi excel sangat cocok bagi pengguna pemula yang ingin mengetahui seluk beluk program perhitungan akuntansi.

Berbeda dengan aplikasi akuntansi Myob, program akuntansi buatan anak bangsa ini terkenal cukup relevan dan mumpuni didalam menunjang kebutuhan pelaporan akuntansi. Namun, program akuntansi excel juga tidak kalah bersaing, dari segi kenyamanan didalam menggunakan, Excel lebih mudah untuk diperbaiki dibandingkan dengan program yang sudah jadi.

Cara kerja program akuntansi excel juga tidak serumit program yang sudah jadi, mungkin dari segi tampilan program, Excel belum bisa memberikan yang terbaik, namun apabila ditinjau dari segi mekanisme proses serta informasi yang diberikan, program akuntansi excel layak untuk menjadi rekomendasi utama bagi siapa saja yang ingin belajar menjadi seorang akuntan profesional. Cukup dengan memasukkan variabel yang diketahui, kemudian memilih laporan apa yang ingin dihasilkan nanti. Didalam program akuntansi excel ada tiga jenis pelaporan secara garis besar:

  1. Laporan keuangan Neraca,
  2. Laporan laba rugi,
  3. Laporan arus kas.

Ketiga bentuk laporan keuangan tersebut sudah dapat diproses secara maksimal lewat program akuntansi excel. Mekanisme keluaran program sebagai hasil akhir perhitungan juga mudah untuk dipahami. Secara lengkap, alur kerja program akuntansi excel hampir sama dengan program akuntansi lainnya, yaitu ada proses masukan, proses perhitungan, dan proses keluaran. Proses masukan diampu kedalam bentuk kotak-kotak masukan angka, komponen akuntansi apa yang ingin dihitung, berapa besarannya serta berapa banyak komponen yang digunakan.

Proses perhitungan selayaknya proses manual, namun dikerjakan secara lengkap dan teliti lewat rumus-rumus yang sudah dibentuk sebelumnya. Oleh karena itu, para pengguna tidak perlu bimbang dan ragu untuk menggunakan mesin perhitungan di dalam program akuntansi Excel. Kemudian proses keluaran berupa pelaporan melalui media data komputer tersimpan, maupun melalui versi cetak.

Kedua-duanya bersifat informatif serta sesuai dengan prinsip dasar pelaporan akuntansi lengkap dengan tabel serta grafik pencapaian targetnya. Excel memberikan program dasar secara sederhana, namun lebih mudah untuk dipahami. Disamping itu pula, mekanisme kerja dan proses program yang diberikan, bersumber dari fungsi dasar program Excel itu sendiri, yaitu sebagai perhitungan matematis biasa serta menjalankan fungsi statistika dalam menilai angka-angka kompleks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ