Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Pengertian laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu yang dapat dipakai untuk menggambarkan kinerja suatu perusahaan. Laporan keuangan adalah bagian dari pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap meliputi:

  1. NeracaLaporan Keuangan
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan perubahan modal/ekuitas

Laporan perubahan posisi keuangan disajikan dalam bentuk laporan arus kas atau laporan arus dana. Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah ekuitas, aset dan kewajiban dan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba-rugi adalah pendapatan dan biaya/beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba-rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.

TUJUAN LAPORAN KEUANGAN

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, perubahan posisi keuangan dan kinerja perusahaan yang bermanfaat bagi pelaku usaha dalam pengambilan keputusan yang strategis.

Pembuatan laporan keuangan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bersama penggerak usaha. Namun demikian, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang dibutuhkan pemilik usaha dalam mengambil keputusan ekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian masa lalu.

Laporan keuangan juga menunjukan apa yang telah dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin melihat apa yang telah dilakukan atau pertanggungjawaban manajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuat keputusan ekonomi. Keputusan ini mencakup keputusan untuk menahan atau menjual investasi mereka dalam perusahaan atau keputusan untuk mengangkat kembali atau mengganti manajemen.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ