Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Membuat Laporan Keuangan Dengan Aplikasi Excel Akuntansi

 

Aplikasi Excel AKuntansi

Aplikasi Excel AKuntansi

Yang dimaksud dengan akuntansi adalah sebuah sistem yang meliputi proses pengklasifikasian, penghitungan dan pencatatan transaksi keuangan sebuah perusaan yang akan dibuat laporan keuangan. Dalam prosesnya, akan banyak sekali ditemui kesulitan karena tidak pernah mudah mengklasifikasikan dan menghitung transaksi yang beraneka ragam dalam jumlah banyak.

Banyak orang yang stres bila terkait dengan pengelolaan data keuangan  dengan sistem akuntansi secara manual. Hal ini bukan hanya memerlukan waktu yang relatif lama tetapi juga hasil yang sering tidak memuaskan. Salah catat dan salah hitung sering menjadi faktor yang membuat hasil laporan keuangan secara manual tidak seperti yang diharapkan. Terkait dengan masalah ini, banyak perusahaan yang kini menerapkan sistem akuntansi berbasis komputer karena banyak sekali yang bisa didapat. Yang pasti dengan sistem akuntansi yang berbasis computer adalah proses akuntansi akan semakin mudah selain output yang didapat akan lebih akurat.

Yang paling sederhana dalam penerapan akuntansi berbasi komputer adalah dengan mengunakan program excel. Banyak hal yang bisa diautomasi bila aplikasi excel akuntansi digunakan yang salah satunya adalah proses posting transaksi-transaksi keuangan ke akun akun yang terkait, yang diperlukan saat menggunakan aplikasi excel akuntansi adalah melakukan penjurnalan dengan tepat karena bagian lain dari akuntansi sudah diautomasi dengan rumus-rumus yang sudah ada di excel.

Penghitungan depresiasi juga diperlukan penghitungan terpisah saat mengunakan aplikasi excel akuntansi namun tetap ada rumus yang tersedia sehingga penghitungan akan menjadi lebih mudah. Yang menjadi keuntungan saat menggunakan aplikasi excel akuntansi adalah program ini bisa didapat dengan mudah dan setting bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Satu perusahaan dengan perusahaan lain tentu memerlukan setting excel yang berbeda dan oleh karenanya diperlukan penguasaan rumus-rumus yang ada di excel. Umumya, rumus yang sering digunakan bila menggunakan aplikasi excel akuntansi adalah sum ifsumV look up dan lain-lain. Apapun rumusnya, yang harus dilakukan adalah setting diawal sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan aplikasi excel akuntansi membawa berbagai keuntungan, yang salah satunya adalah penghematan waktu yang diperlukan untuk memproses data keuangan. Namun yang lebih penting dari penggunaan aplikasi excel akuntansi adalah perusahaan mampu menyajikan informasi keuangan yang sesuai dengan kenyataan dengan kesalahan yang minimal. Semakin valid data yang ada dalam informasi keuangan, perusahaan dan pihak-pihak yang menggunakan informasi akuntansi akan bisa membuat keputusan dengan tepat. Inilah mengapa semua perusahaan berusaha untuk menggunakan sistem akuntansi yang berbasis komputer yang salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan software Microsoft excel. Namun secanggih apapun software yang digunakan, semua akan percuma bila orang yang menjalankan tidak mempunyai pemahaman akuntansi yang bagus. Selain itu, tanggung jawab pribadi untuk menyediakan informasi yang akurat harus selalu ditanamkan.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ