Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Hutang dagang – rasanya itu tidak asing dikehidupan kita, bahkan hampir semua orang pernah mengalami kejadian hutang tersebut.  Hutang adalah kewajiban ekonomis yang diakui dan diukur berdasarkan prinsip akuntansi yang timbul dari transaksi di masa lalu untuk membayar uang atau memberikan harta lainnya dengan jalan melakukan jasa tertentu. Ini adalah pengertian hutang menurut Kusnadi, H., Drs.,HMA.,MSi. Hutang dagang memang sangat sering terjadi dalam suatu usaha, misalnya saja suatu toko meminjam atau melakukan tindakan hutang kepada toko lain berupa barang atau uang untuk memenuhi kekurangan barang yang terdapat dalam suatu toko, kemudia setelah beberapa waktu yang telah disepakati bersama maka pihak yang meminjam harus mengembalikan dapat berupa barang maupun uang sesuai dengan kesepakatan awal.

Hutang dagangMengenai hutang dagang telah di pelajari mulai dari SMA apabila mengambil jurusan akutansi, disini hutang dagang sudah dipelajari, inilah 2 macam jenis hutang :

  1. Hutang jangka pendek : hutang jangka pendek merupakan hutang yang terjadi kurang dari satu periode, 1 periode biasanya selama 1 tahun, tergantung dengan perusahaan masing masing.
  2. Hutang jangka panjang : hutang jangka panjang ini merupakan hutang yang terjadi lebih dalam satu periode.

Hutang Jangka Pendek

Meliputi beberapa jenis hutang, inilah beberapa jenis hutang yang termasuk dalam hutang jangka pendek :

  1. Hutang dagang – merupakan suatu kewajiban yang muncul karena disebabkan oleh pembelian suatu barang dengan cara kredit.
  2. Hutang wesel  – suatu kewajiban yang telah dijamin secara tertulis didalam Undang Undang untuk melakukan pembayaran kewajiban tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan dituliskan dalam wesel tersebut.
  3. Beban yang harus dibayar – suatu kewajiban yang sudah menjadi beban, namun pembayaran belum dilakukan contohnya beban sewa gedung, hutang gaji dan sebagainya.
  4. Pendapatan diterima dimuka – pendapatan atau penerimaan uang kedalam perusahaan yang dihasilkan dari penjualan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Hutang Jangka Panjang

Dibawah ini beberapa hal yang meliputi hutang jangka panjang :

  1. Hutang obligasi – biasanya dilakukan atau terjadi pada perusahaan perusahaan besar saja, hutang obligasi merupakan kewajiban perusahaan keoada pemegang obligasi yang akan dilunasi lebih dari satu tahun. Perusahaan yang memiliki hutang juga harus sanggup membayar bunga yang ditetapkan pemilik obligasi.
  2. Hutang hipotik – merupakan kewajiban suatu perusaan kepada bank dan jangka waktu pembayaran lebih dari satu tahun serta dibeikan suatu jaminan jaminan yang disepakati misalnya surat tanah dan sebagainya.
Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ