Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Menggunakan Aplikasi Akuntansi Komputer

 

Aplikasi Akuntansi Komputer

Aplikasi Akuntansi Komputer

Tak bisa dipungkiri akuntansi adalah merupakan sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mengolah data keuangan yang hasil akhirnya adalah beberapa laporan keuangan seperti neraca, laporan rugi/laba dan laporan perubahan modal. Namun sayang data yang diolah tidak sedikit dan sangat bervariasi sehingga bila dilakukan secara manual akan sangat rumit.

Kesalahan dalam proses akuntansi sangat mungkin terjadi bila dilakukan secara manual. Kesalahan tersebut bisa berupa salah catat sampai salah hitung. Tempo dulu, orang memproses akuntansi melalui waktu yang relatif lama yang tentu hasilnya sering tidak memuaskan. Oleh karena itu, para ahli akuntansi membuat sistem yang dirancang sedemikian rupa dengan komputer untuk memudahkan, dari proses pencatatan sampai pelaporan. Hasilnya adalah kini bisa ditemui banyak sekali jenis aplikasi akuntansi komputer yang dengannya aktifitas akuntansi menjadi lebih mudah sehingga prosesnya lebih bisa dinikmati. Yang menjadi keunggulan memproses data keuangan dengan aplikasi akuntansi komputer adalah penghematan waktu selain meminimalkan kesalahan.

Karakter bisnis satu perusahaan dan yang lain berbeda. Kondisi ini pun menyebabkan penggunaan aplikasi akuntansi komputer yang berbeda pula. Namun tujuanya tetap sama yaitu untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dalam setiap proses akuntansi. Sebagai contoh dalam akuntansi manual, pencatatan dilakukan satu per satu sesuai dengan data yang ada; kemudian posting pun harus dilakukan dengan cara yang sama.

Bila sudah meggunakan aplikasi akuntansi komputer yang canggih, yang diperlukan hanyalah melakukan penjurnalan sebagai langkah awal dalam proses akuntansi. Jurnal tetap harus di input secara manual meski aplikasi akuntansi komputer telah digunakan. Namun, proses akuntansi yang lain seperti posting, membuat neraca saldo sampai menyusun laporan keuangan akan otomatis dikerjakan oleh software akuntansi yang digunakan. Tentu hal ini selain bisa menghemat waktu juga akan menghindari kesalahan catat dan hitung. Yang harus diperhatikan saat menggunakan aplikasi akuntansi komputer adalah ketepatan saat menjurnal atau inputnya harus benar karena langkah yang lain akan terautomasi dengan sendirinya sesuai dengan apa yang ada di sebuah program akuntansi.

Terkait dengan penggunaan aplikasi akuntansi komputer, yang paling mengagumkan adalah data akuntansi bisa diolah dari mana saja tanpa harus mentransfer data secara manual. yang diperlukan adalah mengakses data yang ada di database yang tentunya sudah terintegrasi dengan pihak-pihak yang terkait. Dewasa ini, sistem database dengan intranet atau LAN sedang menjadi tren dan hal ini memudahkan pengolahan proses akuntansi karena bisa langsung diintegraskan dengan departemen atau pihak terkait. meskipun pengolahan akuntansi bisa mendatangkan keuntungan, tetap saja dalam proses pengolahan akuntansi diperlukan kehati-hatian karena berbagai hal dalam akuntansi seperti pengklasifikasian dimulai dengan cara manual yang mana hal ini akan berpengaruh terhadap output yang di dapat.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ