Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Anda pernah kecewa dengan pelayanan di restoran yang baru saja dibuka? Saat pengunjung sedang ramai, pelayan tidak kelihatan dan jika melayani mereka bersikap tidak ramah. Pesanan makanan Anda baru datang setelah setengah jam Anda menunggu. Atau menu makanan pilihan Anda tidak bisa disajikan karena stok bahan baku habis. Atau bahkan masakannya terlalu asin karena juru masaknya kurang trampil dalam mengolah masakan. Apakah suatu hari nanti akan berkunjung kembali ke restoran itu? Tentu tidak!

Jika mendapatkan kesan pertama yang buruk, konsumen akan segera meninggalkannya dan bahkan menceritakan pengalaman buruknya kepada teman dan keluarganya. Bisa dipastikan usaha restoran tersebut hanya bisa bertahan sampai 3 bulan pertama saja, tidak lebih. Keberhasilan usaha kecil itu biasanya tergantung rekomendasi konsumen dari mulut ke mulut, begitu pula sebab kegagalannya. Kesempatan yang ada dari konsumen yang datang dan ingin mencoba produk Anda bisa hilang hanya beberapa hari setelah pembukaan. Hal ini sudah banyak terjadi di kalangan pengusaha pemula. Lalu bagaimana menyikapinya?

Buka Usaha Bisnis KecilBagi Anda yang berniat untuk buka usaha kecil, jangan sepelekan hal-hal yang kelihatannya tidak penting di hari pertama persiapan buka usaha. Menarik perhatian di hari pertama pembukaan adalah titik tolak kesuksesan dan kelangsungan bisnis kecil Anda di masa depan. Berikut ini adalah tips penting cara memulai usaha kecil Anda.

Siapkan alur proses dan sistemnya sebelum Anda membuka usaha. Jangan sampai tamu yang datang untuk pertama kalinya hanya untuk dijadikan kelinci percobaan bagi sistem bisnis Anda. Walaupun ini adalah ide bisnis kecil, jangan punya rencana soft launching karena itu sangat merugikan konsumen yang akan membawa bisnis Anda kearah kegagalan. Konsumen Anda akan jera datang kepada Anda karena Anda tidak melayani mereka dengan maksimal (dengan alasan soft launching) dan hasilnya mengecewakan. Pengusaha bisnis usaha kecil yang baik mempunyai kepercayaan diri tinggi dan selalu berenergi sehingga memberikan dampak yang sama baiknya kepada semua konsumen yang datang.

Pada era persaingan yang semakin ketat, bisnis yang baru harus mempunyai daya tarik atau differensiasi yang bisa menarik perhatian konsumen. Kenyataannya yang sering terjadi banyak bisnis baru mulai tapi langsung mengecewakan konsumen. Pengusaha hanya bermodalkan toko/resto lalu berharap pengunjung akan datang dan membeli. Mereka tidak melakukan gebrakan apapun agar konsumen lebih tertarik.

Cara marketing yang sangat efektif adalah pelayanan bisnis Anda harus melampaui harapan pengunjung di hari pertama mereka datang. Ini akan meninggalkan kesan baik yang sulit dilupakan bagi konsumen. Akibatnya mereka akan berniat datang kembali kepada Anda, menjadi langganan setia Anda dan menceritakan pengalaman baiknya kepada keluarga dan teman-temannya sebagai saran promosi gratis. Berikanlah konsumen Anda kejutan kecil sebagai bonus atau hadiah jika membeli dalam jumlah tertentu. Walaupun tidak mahal harganya namun mereka akan sangat terkesan dengan usaha bisnis kecil Anda. Semoga bermanfaat!

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ