Kecanggihan teknologi penghitungan cepat saat ini telah banyak menggunakan system komputerisasi. Beberapa instansi baik pemerintahan, swasta, sekolah, sampai kepentingan pribadi saat ini sudah banyak memanfaatkan teknologi komputer, baik untuk pengolahan data, pencarian data dan berbagai macam keperluan. Untuk sebuah toko atau supermarket dan pusat perbelanjaan, hampir semuanya menggunakan teknologi otomatis untuk pencatatan penjualan produk mereka. Hanya tinggal scan barcode barang/produk mereka sudah langsung tercatat otomatis sebagai penjualan ke pembukuan dengan system komputerisasi yang canggih. Setiap bulan hanya tinggal print out laporan penjualan bulanan maupun harian.

Aplikasi penjualanSaat ini banyak sekali produsen pembuat aplikasi penjualan dengan menggunakan berbagai platform pemrograman. Beragam jenis model aplikasi dan fitur yang diberikan, tergantung harga dan paket yang biasanya dijual. Tentunya hal ini dapat menyesuaikan budget yang kita miliki untuk membeli sebuah aplikasi penjualan. Memang ada beberapa yang bisa kita dapat dari internet, namun biasanya software aplikasi penjualan yang ada hanya bersifat temporary atau free trial, yang ujung-ujungnya juga akan memaksa kita untuk membeli aplikasi tersebut jika ingin tetap menggunakan aplikasi penjualan berbayar. Harga yang ditawarkan untuk sebuah aplikasi penjualan pun bervariatif, ada yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Semua tergantung kecanggihan fitur yang diberikan.

Lalu adakah cara yang lebih murah dan mudah untuk membuat aplikasi penjualan sederhana? Tentu ada! Bagi kita para pelaku bisnis khususnya pemula bisnis, tentunya daripada membeli aplikasi penjualan yang harganya bisa jutaan rupiah lebih memilih mengalokasikan dananya untuk menambah stok barang dagangan. Anda tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa membuat aplikasi penjualan sederhana yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, berikut penjelasannya :

  1. Pada saat pembelian barang dagangan Anda di awal, disarankan untuk mencatat semua produk kedalam database, untuk yang produknya sedikit bisa mencatatnya dalam buku stok, tapi jika datanya terlalu banyak sangat disarankan untuk membuat aplikasi penjualan dengan excel yang sederhana yang mana didalamnya ada kolom barang masuk, barang keluar dan saldo barang.
  2. Untuk diawal usaha buat pembukuan keuangan sederhana seperti cash flow, yang didalamnya menampilkan catatan uang masuk, uang keluar, dan saldo. Tapi ingat, ini khusus untuk catatan pembukuan usaha yang telah Anda pisahkan antara dana pribadi dengan dana operasional bisnis. Catatan diawal saldo dana untuk operasional Anda.
  3. Catat semua transaksi keuangan Anda sekecil apapun transaksi keuangan tersebut ke dalam aplikasi penjualan sederhana yang Anda buat (item 1 dan 2).
  4. Usahakan jangan sampai ada transaksi yang terlewatkan untuk di catat, karena akan berimbas pada terjadinya selisih transaksi Anda dengan data yang sudah Anda rekap di aplikasi penjualan sederhana yang Anda buat.

Demikian metode pencatatan transaksi penjualan dengan aplikasi penjualan sederhana yang bisa Anda buat dengan mudah, tanpa harus keluar biaya jutaan rupiah hanya untuk mencatat transaksi penjualan Anda. Akan tetapi jika bisnis Anda sudah besar, akan lebih efektif dan efisien apabila semua transaksi dicatat dalam system otomatis dengan teknologi komputerisasi.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ