Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Bagi Anda seorang karyawan dengan gaji pas-pasan, tentu sedang memutar otak mencari ide bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tambahan. Jika ini yang menjadi keinginan Anda, yaitu mendapatkan penghasilan tambahan, mungkin kerja sampingan bisa jadi solusi untuk masalah Anda.

Selain karyawan, ibu rumah tangga juga cocok untuk menjalankan usaha sampingan ini. Anda yang ingin membantu suami mencari nafkah, bisa menjalankannya di rumah. Dengan begitu, selain pekerjaan rumah tangga dapat terurus, Anda pun menghasilkan pundi-pundi rupiah. Menyenangkan, bukan?

Kerja SampinganKerja sambilan merupakan jenis usaha yang bisa Anda lakukan di sela-sela waktu luang Anda. Misalnya ketika pulang kerja, istirahat kerja, setelah pekerjaan rumah selesai, atau saat week end. Kerja sambilan bisa dikatakan juga sebuah bisnis. Bisnis ini bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk seorang karyawan. Selain waktu yang lebih fleksibel, bisnis juga tak melulu harus dilakukan dengan modal yang besar. Jika mau, Anda bisa berbisnis dengan modal seadanya. Yang penting Anda memang mau berusaha.

Berikut ini ada beberapa bisnis yang bisa dilakukan sebagai kerja sampingan.

  • Bisnis Online

Sekarang ini, apa-apa bisa dilakukan dengan online, termasuk bisnis. Dengan sistem online ini, Anda bisa menawarkan produk atau jasa dengan pasar lebih luas. Bisnis online yang bisa Anda jalankan diantaranya adalah toko online, jual e-book, affiliate, publisher iklan, jasa design website, jual artikel online, survey, dan sebagainya.

  • Bisnis Jasa

Bisnis ini relative tidak memerlukan modal  yang besar. Selain itu, pengerjaan bisnis ini juga terbilang fleksibel. Contohnya, pembicara, privat bahasa inggris, privat matematika, privat menggambar, menjadi proofreader, dan lain-lain.

  • Bisnis Makanan Ringan

Anda bisa berbisnis makanan ringan seperti kue-kue, keripik-keripik, atau yang lainnya. Modal untuk memulai usaha ini tidaklah besar. Anda hanya perlu menyediakan modal secukupnya dan pegawai yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis ini. Anda bisa menjual makanan ini secara online dan offline. Anda juga bisa menitipkan nya di warung-warung, kantin sekolah atau toko oleh-oleh.

Demikianlah beberapa ide dalam menjalankan kerja sampingan. Meskipun ini adalah pekerjaan sampingan, jangan sepelekan bisnis ini. Siapa tahu Anda memang berbakat menjadi pebisnis dan sukses dalam dunia bisnis. Jika sudah begitu, predikat sebagai karyawan pun bisa Anda tanggalkan dan mengisi hari-hari sebagai pebisnis.

Jika bisnis sampingan ini ternyata lebih menjanjikan untuk masa depan Anda, maka tidak ada salahnya Anda lebih serius menjalaninya. Apalagi jika Anda sudah punya modal untuk mengembangkannya. Satu hal yang perlu Anda ingat, Anda bisa melepas status karyawan Anda jika memang kerja sambilan ini memang memiliki prospek yang lebih bagus. Selain itu, sebaiknya Anda memiliki tabungan dulu minimal 9 kali gaji Anda. Ini untuk jaga-jaga jika usaha Anda mendapat masalah. Semoga bermanfaat ya..

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ