Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Pengertian Aplikasi Buku Kas Umum

 

Aplikasi Buku Kas Umum

Aplikasi Buku Kas Umum

Dalam proses akuntansi banyak hal yang harus ditangani agar semua informasi keuangan yang ada menggambarkan yang sebenarnya, tanpa rekayasa. Relevansi memang menjadi bagian penting dari informasi akuntansi karena akan digunakan untuk mengevaluasi dan mengambil keputusan oleh pihak tertentu. Salah data berarti salah keputusan. Dari sekian banyak hal yang harus diurusi, kas adalah merupakan salah satu yang terpenting.

Kas merupakan aset perusahaan yang paling likuid dan oleh karenanya rawan penyelewengan. Sistem akuntansi yang efektif dan efisien akan selalu mengawasi pengelolaan kas dengan benar sehingga tak ada satu pihak pun yang bisa menyalah gunakannya. Menggunakan aplikasi buku kas umum adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola pencatatan kas dengan baik yang dengannya perusahaan bisa mengontrol kas keluar dan kas masuk dengan semestinya. Aplikasi buku kas umum yang digunakan banyak perusahaan tentu saja sudah berbasis komputer sehingga salah catat bisa diminimalisir.

Transaksi-transaksi yang terdapat dalam aplikasi buku kas umum biasanya meliputi pengeluaran kas sebuah perusahaan; ini artinya setiap perusahaan mengeluarkan kas harus segera dicatat dan tentunya harus berdasarkan bukti. Pencatatan biasanya dilakukan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi sehingga bisa menggambarkan validitas yang sempurna.

Dalam aplikasi buku kas umum, uang masuk juga dicatat dengan teliti sehingga menggambarkan apa yang ada. Seiring dengan kemajuan teknologi, uang masuk biasanya langsung masuk ke giro perusahaan sehingga pencatatan uang masuk dalam aplikasi buku kas umum sering hanya mencakup withdraw atau penarikan uang dari bank yang akan dialokasikan untuk keperluan tertentu.

Dalam perusahaan biasanya banyak sekali transaksi-transaksi yang nilainya tidak terlalu besar namun rutin dilakukan. Untuk mengelola hal ini, perusahaan biasanya menggunakan sistem kas kecil yang juga merupakan bagian dari aplikasi buku kas umum. Pencatatan kas kecil selalu terintegrasi dengan kas umum karena sumber dana yang diperoleh berasal darinya.

Sudah semakin jelas bahwa aplikasi buku kas umum sangat diperlukan karena hal ini amat terkait dengan kemampuan perusahaan untuk mengelola kas dengan baik. Adanya aplikasi buku kas umum akan membuat kas masuk dan keluar menjadi tertata rapi sehingga tidak mudah ada penyelewengan kas. Meskipun aplikasi buku kas umum sudah ada, yang terpenting adalah sistem akuntansi yang ada dalam sebuah perusahaan mencakup hal hal seperti  pemisahan tugas (segregasi) dan autorisasi.

Pemisahan tugas tentu diperlukan kerena hal ini bisa meminimalkan penyelewengan kas sementara autorisasi diperlukan untuk legalisasi berkenaan keluar masuk kas yang tanpanya hal ini tak bisa dilakukan. Apapun bentuk perusahaan yang sedang anda kelola, aplikasi buku kas umum tentu saja diperlukan. Namun yang lebih penting adalah setiap pihak yang ada harus bertanggung jawab dengan baik agar kas bisa terjaga.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ