Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook
Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Di dalam sebuah perusahaan, peran penting adanya laporan keuangan yaitu dapat membantu perusahaan tersebut menjadi lebih bijak dalam mengatur keuangannya pada periode berikutnya. Adapun pengertian laporan keuangan secara mendasar adalah laporan tentang progres keuangan yang dicapai oleh perusahaan dalam periode tertentu, hal ini juga dapat menunjukkan perkembangan sejauh mana laba-rugi perusahaan. Laporan keuangan memiliki beberapa macam jenis, salah satunya adalah laporan keuangan konsolidasi.

Sebagai pengetahuan dasar, jenis laporan keuangan ini adalah termasuk kedalam kategori pembahasan akuntansi keuangan tingkat lanjut. Bagi sebagian besar akuntan publik maupun akuntan swasta, tentu istilah ini sudah tidak asing lagi, namun bagi para pemula, ada baiknya mengenal dasar tentang pengertian laporan keuangan konsolidasi terlebih dahulu.

Secara umum, pengertian laporan keuangan konsolidasi adalah suatu bentuk laporan yang menyajikan secara lengkap tentang posisi keuangan maupun hasil transaksi operasi induk sebuah perusahaan (entitas pengendali) serta satu ataupun lebih dari anak perusahaan (termasuk entitas yang dikendalikan) seolah-olah entitas individual tersebut menjadi satu-kesatuan entitas atau perusahaan dalam satu perusahaan. Dari pengertian laporan keuangan konsolidasi secara umum tersebut maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa fungsi dari laporan keuangan konsolidasi dibutuhkan pada saat salah satu dari perusahaan yang tergabung memiliki kendali terhadap perusahaan lain yang tergabung tersebut.

Dengan kata lain, apabila perusahaan-perusahaan tersebut bergerak secara sendiri ataupun masing-masing, maka setiap perusahaan tersebut akan membuat masing-masing laporan keuangan secara pribadi, berdasarkan cakupan keuangan yang diperoleh oleh perusahaan terkait. Yang dimaksudkan dengan hak kendali penuh disini adalah perusahaan yang memiliki hak tersebut merupakan perusahaan yang mempunyai hak kepemilikan saham yang beroperasi di dalam transaksi lebih besar apabila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Dari pembahasan pengertian laporan keuangan konsolidasi tersebut diatas, maka ada beberapa tujuan dibuatnya laporan keuangan konsolidasi, yaitu:

  1. Memberikan deskripsi yang jelas tentang keseluruhan posisi serta segala macam bentuk aktifitas entitas (perusahaan) yang terdiri dari lebih satu perusahaan aktif,
  2. Tidak boleh memberikan laporan yang menyesatkan dan membingungkan, harus berdasarkan pada transaksi ekonomi nyata sebuah perusahaan yang berjalan.

Beberapa manfaat dari dibuatnya laporan keuangan konsolidasi apabila dikaitkan dengan pengertian laporan keuangan konsolidasi secara umum antara lain:

  1. Memberikan gambaran jelas dari mana dan digunakan untuk apa sumber dana yang dimiliki oleh pemegang saham,
  2. Memberikan informasi tentang manajemen perusahaan saat ini yang sedang dijalankan, baik oleh induk perusahaan maupun oleh perusahaan gabungan,
  3. Dapat menutupi kinerja perusahaan yang tidak bagus manajemennya dengan yang lebih bagus,
  4. Memberikan informasi tambahan yang berguna bagi setiap perusahaan serta memberika tingkat penyajian yang lebih wajar,
  5. Tidak keseluruhan akun dapat dibandingkan didalam laporan keuangan konsolidasi, sebagai contoh adalah akun piutang.
Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ