Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Apakah di lokasi tempat tinggal Anda terdapat sebuah toko yang menjual barang dagangan harian? Jika iya apakah Anda menjadi pelanggan setia toko tersebut? Ini adalah suatu fenomena bisnis yang terjadi di masyarakat kita saat ini. Begitu banyak model bisnis retail yang menjual barang dagangan harian baik dalam skala tradisional maupun dalam skala modern seperti pusat perbelanjaan (mall) dan lain-lain. Persediaan barang dagangan mereka cukup banyak, lengkap dan berkelanjutan. Sehingga apapun yang dibutuhkan orang tersedia dalam tempat itu.

persediaan barang daganganNah bagi Anda yang berbisnis retail barang dagangan harian, penting untuk mengelola persediaan barang dagangan Anda. Khususnya bagi toko-toko berskala kecil. Cara agar toko kecil Anda yang menjual barang harian memiliki pelanggan yang loyal adalah dengan melengkapi semua jenis barang dagangan Anda. Tidak harus banyak, tapi lengkap itu lebih baik. Jika modal Anda tidak begitu banyak maka cukup hanya sediakan stok secukupnya, ibaratnya jika Anda menjual barang dagangan harian seperti sabun, cukup jual 2 pcs sabun per jenis atau merk sabun tersebut. Yang penting adalah apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar telah ada dalam toko Anda walau stok tak banyak, tapi variasi produk lengkap.

Dengan lengkapnya persediaan barang dagangan Anda, tentunya pelanggan akan menganggap toko Anda lengkap dan serba ada. Apapun yang mereka cari bisa Anda temukan di toko Anda.  Untuk urusan stok barang apabila habis harus segera dipesan kembali untuk menjaga stok barang dagangan tetap utuh.

Ini terkadang banyak di jumpai dalam masyarakat, ada sebuah toko harian yang menjual barang harian, tapi begitu di tanya beberapa produk semua dijawab dengan barang tidak ada, atau barang habis. Padahal mungkin beberapa di antara pembeli, ada yang sedang dalam keadaan urgent. Maka dari itu, biar toko kecil tapi barang lengkap itu lebih baik, dari pada barang banyak toko besar tapi produk tidak lengkap. Karena pada ujungnya toko yang tidak memiliki persediaan barang dagangan yang lengkap akan lebih berpotensi akan mengecewakan pembeli dan akhirnya toko Anda akan di tinggalkan orang, dan orang lebih cenderung membeli produk yang mereka cari di tempat yang lebih lengkap walau dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Buat kartu persediaan barang dagangan, hal ini bertujuan agar barang dagangan Anda dapat terpantau berapa stok yang masih bisa di perdagangkan dan berapa estimasi untuk kebutuhan stok barang pada periode selanjutnya. Pada umumnya persediaan barang dagangan yang terpantau dengan rapi dapat menghasilkan keputusan yang benar terhadap kebutuhan barang yang akan di jual. Lebih bagus lagi jika ada sedikit modal untuk membuat kartu persediaan barang dagangan Anda dengan system komputer, print out secara berkala laporan stok dan lakukan pemeriksaan stok (opname) secara berkala pula.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ