Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Harga pokok produksi manufaktur – Sebagai perusahaan yang besar pasti anda membutuhkan perhitungan yang jelas dan terinci ketika anda melakukan sebuah trasaksi agar semua kinerja mampu dilakukan dengan baik dan benar. Apalagi jika di tambah dengan jumlah produksi yang maikin luas dan meningkat yang harus anda lakukan ketika melakukan proses produksi yang anda tawarkan. Baik perusahaan besar atau pun menegah pastilah membutuhkan sebuah perhitungan terkait dengan produksi yang anda buat karena tidak di pungkiri lagi jika perhitungan tersebut mampu menjadikan perusahaan anda semakin baik dan besar seiring bertambhanya kualitas yang anda tawarkan. Untuk melakukan perhitungan tersebut anda juga harus melakukannya dengan detail agar semua hal tersebut terinci dengan efektif dan efisien. Banyak tahapan yang harus anda buat ketika anda ingin melakukan perhitungan harga pokok produksi manufaktur yang ada dalam system transaksi yang anda lakukan.

Harga Pokok Produksi ManufakturLangkah awal yang harus di perhatikan yaitu dengan memperhatikan saldo awal persediaan bahan baku yang ingin anda kelola ketika melakukan proses produksi. Pada langkah awal ini anda harus menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan saldo awal untuk memenuhi kebutuhan persediaan untuk bahan baku. Saldo awal disini maksudnya adalah yaitu di hitung mulai dari awal bulan dan pada awal tahun. Perhitungan harga pokok produksi manufaktur ini di hitung sama dengan saldo akhir periode sebelumnya yang di lihat dari neraca.  Langkah awal pembelian bahan baku adalah total pembelian bahan baku selama satu periode. Perhitungan manufaktur berarti pembelian bahan baku dari 1 januari sampai dengan 30 juni 2012 sudah mepersiapkan pengurangan dan penambahan akibat adanya discount rabat dan retur. Pada saldo akhir persediaan bahan baku yang di gunakan dapat di hitung melalui total persediaan yang tersisa dengan melakukan perhitungan fisik dan total produk ang di olah untuk manghasilkan produk yang di inginkan.

Langkah berikutnya yaitu tentang biaya tenaga kerja dan biaya lainnya.  Biaya yang di maksud adalah biaya yang pembayaran gaji untuk karyawan yang di lakukan berdasarkan jumlah tenaga kerja. Selain biaya untuk tenaga kerja ada pula biaya untuk produksi yang akan di lakukan selama proses produksi pada setiap periodenya. Perhitungan harga pokok produksi manufaktur dilakukan dengan di tambahnya biaya tenaga kerja tenaga langsung dengan overhead produksi. Bila tahapan ini telah di lakukan maka segal aktivitas produksi selama periode di hitung merupakan sisa dari saldo terakhir.

Langkah selanjutnya yaitu dengan memindahkan perhitungan di tahap sebelumnya, dengan menghitung saldo awal dan akhir dalam proses secara global kemudian di lanjutkan dengan harga pokok produksi dari proses manufaktur yang mencerminkan segala biaya dari produksi yang di hasilkan. Sebagai langkah terakhir yaitu dengan menghitung barang yang telah jadi baik pada saldo awal dan akhir yang menentukan harga pokok penjualan perusahaan secara manufaktur.  Semoga apa yang di bahas yaitu tentang perhitungan harga pokok produksi manufaktur tersebut bermanfaat.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ