Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Program Accounting Excel

 

Program Akunting

Program Accounting

Perkembangan teknologi komputer semakin hari semakin memberikan angin segar bagi para penggunanya. Disamping dapat menjadikan pekerjaan diselesaikan dengan cepat, juga mampu memproses segala macam persoalan perhitungan yang rumit yang susah sekali diselesaikan secara manual. Salah satu contoh adalah program akuntansi. Program tersebut membantu para akuntan untuk melakukan proses perhitungan manual lebih cepat dibandingkan dengan dikerjakan menggunakan kalkulator. Cukup dengan memasukkan beberapa variabel penentu perhitungan ke dalam kotak masukan pada program akuntansi, kemudian tekan tombol proses, lalu program akan berjalan dengan sendirinya dan menghasilkan hasil akhir yang lebih cepat. Dipasaran saat ini banyak sekali ditemukan beberapa macam program accounting, baik yang sudah lama digunakan maupun yang baru-baru digunakan saat ini, antara lain adalah:

  1. Program accounting Excel,
  2. Program accounting Access,
  3. Program accounting Myob.

Ketiga bentuk program accounting tersebut memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam kesempatan kali ini, berkesempatan untuk membahas tentang perbandingan kedua program accounting access dan excel. Pada dasarnya, program Excel digunakan sebagai bentuk pelaporan seperti biasa, dilengkapi dengan rumus-rumus tertentu serta dibutuhkan sebuah perhitungan tentang statistika, Excel dapat dengan mudah menghitungnya. Dasar dari program

Excel adalah bentuk tabel yang memudahkan pengguna untuk menempatkan variabel penentu program secara mudah. Disamping itu pula program accounting Excel juga dapat menyimpan hasilnya berupa laporan dokumen biasa dalam bentuk file, sehingga mudah dibaca oleh pengguna. Bagi yang sudah familiar dengan program Excel, maka didalam menjalankan program accounting Excel tentu saja tidak begitu rumit, hanya saja dibutuhkan latihan rutin agar tidak salah dalam memasukkan variabel masukan yang nantinya akan dihitung secara otomatis.

Kemudian selanjutnya, program accounting Access merupakan salah satu bentuk pengembangan kreatif para programmer untuk membantu memudahkan perhitungan akuntansi secara luas. Pada dasarnya program Access hanya merupakan program basis data dasar, dimana ia dapat menyimpan berbagai macam data dalam bentuk apapun, baik berupa file teks, gambar, suara maupun video. Program Access sangat handal apabila diintegrasikan ke dalam berbagai macam platform program, sebab program Access dapat dibangun dengan konsep tampilan antarmuka yang lebih dinamis.

Berbeda dengan program accounting Excelprogram accounting Access tampak seperti program nyata yang memiliki tombol serta tampilan antarmuka yang lebih sejuk dipandang mata. Dari segi praktis, progam Access dapat dijadikan sebagai pilihan utama, karena ia juga dapat menyimpan segala bentuk hasil perhitungan kedalam pelaporan yang lebih informatif. Namun, dari segi perawatan program, Excel tidak serumit Access, karena rumus perhitungannya jelas terlihat dan pengguna awam pun dapat merevisinya sesuai dengan rumus baku, serta sesuai yang dinginkan oleh si pengguna. Namun, sangat disayangkan bahwa Program Akuntansi Excel sangat rentan terhadap serangan virus yang berbasis sistem operasi Windows, karena itu disarankan bagi pengguna untuk lebih berhati-hati didalam menggunakannya.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ