Rumus Microsoft Excel 2010 untuk Membuat Laporan Keuangan Akuntansi

 

Rumus Excel Akuntansi

Rumus Excel Akuntansi

Keuangan memang tidak bisa dipisahkan dari kita. Hidup kita dipenuhi dengan transaksi yang tentu saja berhubungan dengan keuangan. Jika anda punya perusahaan dagang, anda juga akan selalu berhubungan dengan keuangan dan anda harus membuat laporan keuangan juga. Banyak orang yang memilih membuat buku besar dalam kertas dan membuat laporan keuangan secara manual. Sebelum anda membuat laporan keuangan, tentu saja anda harus tahu siklus akuntansi terlebih dahulu.

Siklus ini akan diawali dengan pencatatan semua transaksi ke dalam sebuat jurnal harian kemudian anda harus membuat sebuah buku besar. Buku besar inilah yang nantinya akan dijadikan dasar untuk membuat laporan keuangan.

Anda juga harus tahu elemen-elemen dari siklus akuntansi itu sendiri. Kini orang tidak lagi menggunakan cara manual untuk membuat laporan keuangan. Mereka mulai membuat laporan keuangan dengan komputerisasi dan menggunakan beberapa rumus excel akuntansi. Sebelum kita membicarakan tentang rumus excel akuntansi. Kita harus tahu beberapa menu yang akan anda gunakan ketika menggunakan program excel untuk membuat laporan keuangan kita.

Menu data form

Menu ini akan anda gunakan untuk memasukkan semua data ke dalam format yang sudah anda sediakan sebelumnya. Anda bisa mengetik secara langsung atau dengan mengopinya dari tempat atau dokumen lainnya.

Menu data filter

Menu ini sangat mudah digunakan dan akan digunakan untuk mencari data yang berdasarkan kriteria yang diinginkan.

Menu copy paste

Menu yang satu ini akan digunakan untuk menyalin semua data dari data range ke data range yang lainnya.

Menu format cell

Menu ini akan digunakan untuk menghilangkan kolom data yang tidak digunakan lagi sehingga mengurangi tampilan kosong dilaporan keuangan anda.

Rumus excel akuntansi yang bisa anda gunakan juga banyak sekali. Anda bisa gunakan tombol SUM untuk menjumlahkan semua nilai-nilai dari range yang telah anda pilih. Logika IF juga digunakan untuk menghitung sebuah perbandingan , relasi dan perhitungan lainnya. Aritmatika akan digunakan untuk membuat formula yang akan digunakan untuk kalkulasi. Rumus excel akuntansi yang harus anda ketikkan dalam kotak formula akan menggunakan beberapa symbol seperti tanda + untuk menjumlah, – untuk mengurangi atau mencari selisih, / untuk membagi dan * untuk perhitungan kali-kalian. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda = setiap kali membuat sebuah formula.

Rumus excel akuntansi tidak akan memberikan hasil jika anda tidak menggunakan tanda =. Anda bisa langsung menekan kotak yang ingin anda hitung. Dengan menggunakan rumus excel akuntansi anda bisa menghitung bilangan yang sulit sekalipun dengan sangat mudah dan cepat. Anda bisa menghemat waktu anda. Anda harus belajar bagaimana merangkai rumus ketika anda ingin menghitung semua transaksi di lembar laporan keuangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ