Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Software Aplikasi Buku Kas

 

Buku Kas

Buku Kas

Buku kas merupakan suatu alat yang sangat vital dan penting dalam kegiatan manajemen keuangan. Di dalam buku kas ini dicatat semua kegiatan transaksi tunai yang terjadi, baik itu uang masuk maupun uang yang dikeluarkan secara tunai. Dalam perusahaan skala kecil hingga skala internasional pun tetap menggunakan buku kas ini sebagai alat dalam mengontrol keadaan keuangan perusahaan. Walaupun buku ini sebenarnya juga dapat diterapkan atau dipakai dalam kegiatan rumah tangga, sehingga dapat memonitor dan mengontrol keuangan keluarga dengan baik.

Buku kas umumnya mempunyai bentuk yang sangat sederhana, dimana minimal hanya terdiri dari 4 atau 5 kolom saja. Kolom pertama merupakan kolom keterangan, selanjutnya kolom debet, kolom kredit, dan kolom saldo, atau bisa juga ditambahkan kolom nomor transaksi dan kolom tanggal transaksi di bagian awal. Di dalam kolom nomor transaksi tertulis urutan mengenai nomor transaksi keuangan yang umumnya berupa angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Untuk tanggal transaksi tentu saja dimasukkan ke dalam kolom tanggal transaksi.

Di dalam kolom keterangan berisi mengenai informasi tentang transaksi keuangan yang terjadi, apakah keterangan mengenai hutang atau piutang, atau mengenai pendapatan yang diterima, ataupun keterangan tentang pengeluaran atau biaya yang dikelurkan. Di sisi berikutnya yang merupakan kolom debet diisi nominal jumlah uang yang masuk atau yang diterima. Dan di kolom kredit berisi nominal uang yang dikeluarkan. Selanjutnya di sisi saldo merupakan selisih dari kolom debet dan kredit.

Pada awal mulanya, buku kas ditulis secara manual oleh tangan manusia, dan hal ini masih berlanjut untuk perusahaan skala kecil atau menengah. Karena transaksi yang mereka lakukan belum cukup banyak dan mereka masih bisa melakukan analisis keuangan melalui buku manual tersebut.

Kini seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih dan maju, buku kas tidak lagi berbentuk buku tulis yang ditulis secara manual, namun sudah berbentuk suatu perangkat lunak atau software aplikasi buku kas. Dengan software aplikasi buku kas, perusahaan akan menjadi semakin terbantu dalam mencatat semua transaksi tunai yang terjadi. Apalagi bagi perusahaan skala besar atau internasional, penggunaan software aplikasi ini sangat bermanfaat dan sangat banyak fungsinya.

Penggunaan software aplikasi buku kas ini pun sangat mudah dapat dilakukan oleh siapapun termasuk orang yang bukan di bidang akuntansi. Pengguna cukup memasukkan semua data transaksi tunai yang terjadi ke dalam software aplikasi ini, mulai dari tanggal dan nomor transaksi, nominal yang masuk atau keluar, hingga keterangan mengenai informasi transaksi tersebut terjadi. Software aplikasi buku kas ini akan menyimpan semua catatan mengenai data transaksi tunai dengan kapasitas yang tidak terbatas dan akan menghadirkan laporan keuangan yang siap saji kapanpun. Hal ini lebih baik daripada menggunakan buku tulis yang bisa habis halamannya. Sehingga software aplikasi buku kas tidak hanya bisa diterapkan di perusahaan berskala menengah yang umumnya mempunyai transaksi tunai yang sangat banyak, namun juga bisa dipakai untuk perusahaan skala kecil dan menengah guna menghemat penggunaan kertas dan biaya gaji pegawai administrasi.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ