Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Berdasarkan data dari Badan pusat statistik di Indonesia, kondisi perekonomian Negara Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan. Bahkan berdasarkan proyeksi Bank Dunia, pada tahun 2013 ini tingkat pertumbuhan perekonomian Indonesia adalah sekitar 6,3% sedikit lebih meningkat dari tahun 2012 yaitu 6,1%. Walaupun kenaikannya masih cukup positif, namun hal ini masih dipandang lamban. Laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi dibeberapa negara lainnya. Memang ada beberapa hal yang menyebabkan lambannya pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dikatakan menteri perekonomian Hatta Radjasa, 4 penyebabnya antara lain perencanaan pembangunan sektor perekonomian yang belum matang, proses tender yang bertele-tele, masalah pencairan dana serta sasaran pembangunan perekonomian yang belum di anggap tepat.

Usaha Kecil MenengahSalah satu upaya yang saat ini lagi di gencarkan oleh pemerintah pusat untuk meningkatkan perekonomian Indonesia adalah penekanan dari sektor Usaha Kecil Menengah. Bahkan bisa dikatakan bahwa UKM di Indonesia menjadi tulang punggung perekonomian karena telah menyumbangkan sekitar 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. Berbagai jenis peluang usaha masih terbuka luas dan memiliki prospek yang cukup baik untuk membantu perkembangan perekonomian Indonesia. Salah satu bentuk pengembangan sektor UKM adalah dengan memberikan bimbingan-bimbingan bisnis, menggaungkan entrepreneur, serta penciptaan pasar bisnis baru dibidang yang baru dan tentunya juga dapat membantu membuka lapangan kerja.  Saat ini sangat banyak kita jumpai, berbagai jenis bisnis atau peluang usaha yang sudah mulai bermunculan, baik itu industri kreatif, usaha kuliner, agribisnis, dan sentra-sentra UKM lainnya yang memang menciptakan pasar bisnis baru dalam lingkup Usaha kecil Menengah.

Sayangnya, pendidikan entrepreneur dan dasar-dasar pengembangan Usaha kecil menengah di Indonesia masih belum menjadi hal dasar yang masuk dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, masih banyak lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia yang justru masih mengembangkan label “penempatan kerja”, bukan “penciptaan lapangan kerja”. Bayangkan saja apa yang akan terjadi apabila pendidikan entrepreneur sudah menjadi kurikulum wajib bagi setiap sekolah baik dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, sehingga diharapkan dapat menjadi penunjang pembangunan perekonomian di Indonesia.

Mengapa pengembangan sektor usaha kecil menengah ini perlu lebih di tingkatkan lagi di Indonesia?. Kita melihat dari beberapa sudut pandang terhadap tingkat kemampuan dan daya beli masyarakat Indonesia, Masyarakat yang heterogen dengan kekayaan alam dan budaya yang masih banyak yang perlu di kembangkan lagi. Banyak penduduk di Indonesia yang masih belum memiliki pendidikan entrepreneur yang bagus, padahal mereka memiliki kreatifitas yang tinggi. Mereka mampu menciptakan berbagai produk, baik pengolahan produk daur ulang maupun pemanfaatan material yang tidak bernilai menjadi lebih bernilai secara ekonomis. Kreatifitas inilah yang sesungguhnya perlu di tempah sedemikian rupa hingga mampu menghasilkan karya yang bermutu. Potensi-potensi itulah yang menjadi titik fokus pemerintah dalam pengembangan sektor usaha kecil menengah.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ