Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Membuka usaha laundry merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untuk menuai keuntungan. Mengingat pada jaman sekarang ini banyak sekali masyarakat yang sudah sibuk seharian untuk bekerja di kantor, dan tentu saja membuat sebagian besar dari mereka tidak memiliki waktu luang untuk mengurus segala keperluan rumah tangga, termasuk di dalamnya adalah mencuci pakaian.

Terlebih lagi apabila tidak mempunyai pembantu rumah tangga di rumah. Tentu saja hal tersebut akan menjadi permasalahan yang paling sulit dan juga rumit. Maka dari itu, membuka usaha laundry memiliki prospek yang menjanjikan untuk ke depannya. Lalu, tinggal bagaimana Anda menanggapi peluang tersebut. Berani diambil atau tidak.

Membuka Usaha Laundry

Membuka Usaha Laundry

Beberapa tips yang harus kita ketahui sebelum membuka usaha laundry adalah :

Pilih tempat usaha yang strategis

Sebaiknya kita memilih lokasi usaha laundry yang berada di pinggir jalan, sehingga para pelanggan bisa dengan mudah mengunjungi tempat usaha kita. Pilihlah tempat usaha yang juga ramai.

Rancang konsep laundry

Setelah menemukan lokasi yang strategis, kita juga harus merancang sebuah konsep usaha laundry. Usahakanlah supaya kita memiliki konsep yang menarik dan bisa memberikan nilai tambah tersendiri jika dibandingkan dengan usaha laundry yang lain.

Banderol harga yang bersaing

Hal yang paling penting harus diperhatikan adalah mengenai harga. Untuk membanderolnya, kita harus mengetahui harga pasaran yang ada. Usahakan agar usaha laundry baru Anda memiliki harga yang kompetitif dan lebih murah dari pengusaha laundry lainnya sehingga para pelanggan bisa lebih memilih tempat kita untuk mencuci pakaiannya.

Persiapkan berbagai perlengkapan

Kita juga harus menyiapkan berbagai perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Diantaranya adalah mesin cuci dengan kapasitas besar, setrika, gantungan baju, rak baju, tempat menjemur, keranjang, chemical laundry seperti deterjen, parfum laundry, dan softener. Sementara peralatan pendukung seperti mesin pengering baju dan timbangan juga perlu kita siapkan untuk membuka usaha laundry yang profesional.

Rekrut karyawan

Untuk membuka usaha laundry, tentu saja kita harus merekrut para karyawan, yang pada umumnya seorang ibu-ibu. Urusan mencuci adalah hal yang sangat mudah dan sudah biasa dilakukan oleh mereka, jadi kita tidak perlu merasa khawatir dengan hasil cucian yang sudah pasti akan bersih dan rapi.

Rajinlah melakukan promosi

Setelah semua kebutuhan tersebut siap, maka tahapan yang paling berperan penting adalah promosi. Kita harus rajin-rajin melakukan promosi, misalnya dengan menyebarkan brosur yang menarik dan memberikan diskon awal.

Pintar-pintarlah dalam mengelola keuangan

Jika usaha laundry tersebut sudah berjalan dengan lancar, kita juga harus bisa pintar dalam mengelola keluangan. Sebaiknya, kita harus memisahkan antara keuangan milik usaha laundry dan keuangan pribadi sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kelak.

 

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ