Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Surat Izin UsahaSeberapa berhasil usaha Anda, seberapa sukses bisnis Anda, semua tidak akan tenang dijalankan tanpa Anda memiliki surat izin usaha atas usaha yang Anda jalankan tersebut. Dengan demikian sebelum semuanya terlambat, sebelum Anda mulai menjalankan bisnis atau usaha kecil Anda, sebaiknya Anda mengurus perizinannya terlebih dahulu. Dalam pembuatan surat izin ini sebaiknya Anda memperhatikan tempat di mana Anda akan membuka usaha Anda. Tidak cukup hanya kota, pola pemerintahan, peraturan daerah serta birokrasinya juga harus Anda perhatikan secara serius. Surat izin ini mungkin akan sedikit rumit tetapi mengingat kepentingannya, surat legalitas ini memang harus diusahakan. Bahkan jika usaha Anda adalah usaha yang melibatkan banyak aspek, surat izinnya juga akan bermacam-macam.

Surat izin usaha bisa Anda peroleh dari yang berwenang di kota Anda. Dalam hal ini, surat izin ini bisa dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah tergantung pada kapasitas bisnis yang Anda jalankan. Sebagai contoh, saat Anda ingin membuka usaha kuliner dengan membuka restaurant di kota Yogyakarta, maka Anda harus meminta surat izin untuk usaha Anda terlebih dari departemen kesehatan. Ini berkaitan dengan jenis makanan yang akan Anda sajikan di restaurant Anda. Selain itu Anda juga harus mendaftarkan usaha Anda di kantor pajak untuk mendapatkan izin usaha dari direktorat pajak. Meskipun secara birokrasi surat izin untuk usaha ini mau tidak mau harus diurus demi ketaatan hukum dan ketenangan dalam menjalankan bisnis Anda.

KEGUNAAN SURAT IZIN USAHA

Anda akan mendapatkan banyak manfaat saat Anda memiliki legalitas atas usaha yang Anda lakukan. Secara rinci, manfaat dari izin usaha untuk bisnis Anda adalah sebagai berikut:

  • Surat izin untuk usaha ini adalah bukti bahwa pemerintah telah mengesahkan usaha Anda. Ke depannya, tidak akan ada masalah perizinan dengan kegiatan usaha yang Anda laksanakan.
  • Dengan memiliki surat izin ini, jika usaha Anda adalah usaha perdagangan, maka Anda bisa mengadakan kegiatan perdagangan ekspor impor. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih dari usaha yang Anda lakukan.
  • Dengan memiliki surat ini, Anda bisa mengikuti lelang berkaitan dengan usaha Anda yang diadakan oleh pemerintah.

Untuk mendapatkan surat izin usaha untuk usaha atau bisnis Anda ini, Anda bisa datang ke Dinas perindustrian dan Perdagangan. Jika tempat di mana Anda menjalankan usaha, pemerintah daerahnya telah memiliki unit layanan terpadu maka Anda akan bisa melengkapi surat izin usaha Anda di satu tempat dengan berbagai dinas terkait. Layanan ini akan mempermudah langkah Anda dalam mengurus surat izin untuk usaha Anda. Untuk persyaratannya, setiap daerah memiliki kebijakan sendiri dan Anda bisa mendapatkan informasinya dari dinas terkait.

Artikel ini Bermanfaat? Share Sekarang..Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Home | Blog | Order | Free Download | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ