Untuk mendukung kelancaran sirkulasi barang yang diperdagangkan, sebuah perusahaan dagang membutuhkan support pembukuan yang memadai. Pembukuan yang rapi, cermat, teliti dan sistematis akan memudahkan operasional perusahaan dalam mengontrol stok, harga, dan transaksi barang yang diperdagangkan.

Bagi perusahaan dagang besar, tentu tidak menjadi masalah mengenai pembukuan keuangan. Dengan sumber daya yang melimpah, perusahaan besar dapat membayar jasa akuntan profesional untuk mengerjakan laporan keuangan perusahaan mereka. Akuntan profesional akan dengan sangat mudah membuat laporan keuangan sederhana perusahaan dagang dengan rapi sesuai yang diharapkan.

Namun, bagaimanana dengan perusahaan dagang dalam ukuran kecil atau menengah yang tidak dapat membayar jasa akuntan profesional? Apakah ada solusi yang praktis untuk mereka?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya berikut.

Cara Mudah Membuat Contoh Laporan Keuangan Sederhana Perusahaan Dagang Usaha Kecil dan Menengah

Untuk dapat meng-handle laporan keuangan dan menyusun pembukuan perusahaan dagang, jasa, manufaktur dan lain sebagainya, seseorang tentu saja harus dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan tentang akuntansi. Tanpa pengetahuan tentang akuntansi yang memadai, hampir mustahil seseorang mampu menyusun laporan keuangan yang efektif, kredible dan sistematis.

Ketika perusahaan besar menggunakan jasa akuntan profesional berbiaya tinggi untuk mengerjakan laporan keuangan mereka, maka perusahaan dagang kecil bisa saja tidak mampu melakukannya. Satu-satunya cara paling praktis dan ekonomis untuk dapat membuat pembukuan sederhana perusahaan dagang bagi usaha kecil adalah dengan memanfaatkan software akuntansi.

Software akuntansi pun ada ribuan banyaknya sehingga membutuhkan kecermatan dalam memilihnya. Bagi perusahaan dagang yang sirkulasi barang dan pemasukan cash adalah hal pokok yang paling banyak diperhatikan, tentu saja aplikasi atau software yang dibutuhkan juga memiliki spesifikasinya sendiri.

Selain harus dipilih dengan cermat, harga yang tinggi adalah tantangan lain dari adopsi sebuah software akuntansi. Lisensi yang terbatas dan hanya dapat dioperasikan untuk beberapa komputer juga membuat biaya semakin tinggi. Belum lagi jika software yang dibeli merupakan software yang dibatasi pula penggunaannya dalam kurun waktu tertentu, maka risiko expired pun akan menambah biaya pembaruan di kemudian hari.

Nah, jika sudah demikian, adakah rekomendasi software terbaik bagi perusahaan dagang skala kecil dalam menyusun laporan keuangan mereka?

Tahapan Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Sebelum mengenal software yang paling tepat untuk menyusun pembukuan akuntansi perusahaan dagang, ada baiknya Anda juga mengenal tahapan dalam membuat laporan keuangan sederhana perusahaan dagang.

Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut;

  1. Transaksi keuangan.
  2. Mencatat segala transaksi keuangan berdasarkan terhadap bukti asli transaksi (dalam satu periode)
  3. Membuat jurnal umum yang bersumber dari transaksi keuangan.
  4. Membuat buku besar.
  5. Membuat jurnal penyesuaian
  6. Membuat laporan keuangan: laba-rugi, neraca keuangan, laporan perubahan modal dalam perusahaan, membuat jurnal penutup dan, membuat neraca saldo setelah penutupan.

Jika dikerjakan secara manual, proses pembukuan ini tentu saja akan sangat merepotkan dan tidak efisien. Untuk alasan itulah kemudian, software akuntansi dihadirkan untuk membantu proses penyusunan laporan keuangan menjadi lebih mudah, praktis, dan juga cepat untuk dilakukan.

Dan software yang paling direkomendasikan untuk tujuan ini adalah AccEx.

AccEx Sebagai Solusi Paling Efektif untuk Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

AccEx adalah sebuah software akuntansi berbasis excel yang sangat mudah untuk dioperasikan. Bahasa programnya yang sederhana akan memudahkan siapa pun untuk menggunakannya dengan mudah. Dan selain kemudahan sistem operasi, AccEx juga memiliki banyak lagi keunggulan lainnya sebagai sebuah software akuntansi pilihan.

Lantas apa saja keistimewaan jika Anda menggunakan AccEx? Berikut adalah beberapa di antaranya;

  • AccEx lebih murah.
  • AccEx bisa dipakai di banyak komputer tanpa ada license
  • Tanpa ada jangka waktu berlaku (investasi seumur hidup)
  • Lebih sederhana (sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah)
  • Bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Terdapat video panduan step by step,
  • Dilengkapi dengan ebook
  • Tersedia versi trial yang dapat diunduh secara gratis

Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, AccEx akan menjadi alat yang membantu Anda dalam mengerjakan laporan keuangan perusahaan dagang secara lebih efisien.  Selanjutnya Anda hanya perlu menginput transaksi yang terjadi pada sheet jurnal umum yang telah disediakan, untuk kemudian proses penghitungan akan dilakukan secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home | Blog | Order | Aplikasi Akuntansi Excel Program Siap Pakai Gratis | Video Tutorial | Contact Us
Kebijakan Kami | EULA | Tentang Kami | Syarat & Ketentuan | FAQ
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami admin@aplikasiakuntansiexcel.com

× Ada yang bisa saya bantu?